Perumnas Resmi Kembali Jadi Pemain Utama Perumahan

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah akhirnya mengembalikan peran Perumnas sebagai penyedia utama perumahan rakyat melalui peraturan pemerintah (PP) yang telah diperbaharui yaitu PP No. 83 Tahun 2015 dari PP No. 15 Tahun 2014. Bukan hanya mengembalikan Perumnas kepada khitahnya, PP ini juga mengatur peran lebih Perumnas sebagai pengelola rumah susun (rusun), pengelola landbank, hingga off taker untuk menstabilkan harga rumah.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kami menyambut baik dan senang dengan penugasan kembali ini. Kami juga bangga Perumnas kembali ke khitahnya sebagai penyedia perumahan rakyat bahkan peran lebih lainnya. Dengan pengalaman kami yang lebih dari 30 tahun, MOU ini menempatkan kami sebagai anchor player perumahan di Indonesia,” ujar Himawan Arief Sugoto, Direktur Utama Perumnas di sela-sela acara penandatanganan MOU dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta, Kamis (3/12).

Dengan MOU ini, Kemenpupera segera akan menyerahkan sebanyak 129 twin blok yang mencakup 12.384 unit hunian di berbagai wilayah Indonesia. Mengingat jumlah unitnya cukup banyak, penyerahannya akan dilakukann secara bertahap mulai 45 twin blok (4.320 unit) lengkap dengan fasilitas maupun prasarana lainnya.

Untuk tahap kedua yang akan diserahterimakan masih memerlukan penyelesaian dan perbaikan sehingga akan dilengkapi terlebih dahulu. Proses selanjutnya adalah penyerahan rusun yang sedang dibangun sehingga seluruh tahapan ini bisa diselesaikan dalam waktu tiga tahun sejak penandatanganan MOU.

Proses selanjutnya setelah pendandatanganan MOU ini adalah pengecekan fisik terhadap rusun yang akan diserahterimakan dengan tim dari Perumnas dan Kemenpupera. Untuk penetapan tarif sewanya akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang intinya sebagai korporasi Perumnas tidak akan mengalami defisit atau rugi seperti yang dialami selama ini.

Sementara itu, Menpupera Basuki Hadimuljono menambahkan, dengan penandatanganan MOU ini Perumnas bisa langsung bergerak cepat untuk mengelola aset-aset Kemenpupera yang akan diserahkan. “Bukan hanya rusun, akan diserahkan juga lahan-lahan milik Kemenpupera. Kita ingin cepat jadi langsung MOU nggak perlu ada kajian-kajian lagi, dengan MOU ini kita bisa langsung bergerak cepat,” imbuhnya.

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me