Cibinong Bakal Dipenuhi Gedung Pencakar Langit

Big Banner

Bogor – Kawasan Cibinong Raya bakal berubah menjadi kawasan gedung bertingkat. Hal tersebut terlihat dari minat investor membangun gedung pencakar langit. Berdasarkan data Skyscrappercity, terdapat sembilan gedung tinggi yang sedang dibangun, 40 lainnya dalam tahap proposal dengan ketinggian mulai dari 13 sampai 30 lantai.

Pengamat lingkungan dari Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengenbangan Wilayah (P4W) IPB, Ernan Rustiadi mengatakan, sah-sah saja melakukan pembangunan mengingat kawasan Cibinong menjadi ekses dari pesatnya pembangunan di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

“Cibinong menjadi ekses dari pesatnya pembangunan di daerah Jakarta dan sekitarnya. Wajar bila kawasan Cibinong juga dijadikan kawasan pembangunan gedung oleh para investor. Hanya saja harus dipertimbangkan daya dukung lingkungan,” kata Ernan pada SP, Jumat (4/12).

Disampaikan Ernan, pembangunan gedung pencakar langit akan memakan lokasi dan serapan air yang harus dianalisis dengan cermat supaya tidak merusak lingkungan. “Sekarang ini sudah lazim dibangunan bangunan vertikal yang tidak banyak makan tempat. Namun bangunan yang dibangun pemerintah seperti rusunawa kurang memperhatikan daya dukung lingkungan, penghijauan, serapan air dan sebagainya. Sudah banyak contoh terjadi, pemilihan lokasi dan perawatan juga menjadi faktor yang penting,” timpalnya.

Dia menambahkan, selain daya dukung lingkungan, investor dan juga pembuat kebijakan harus memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. “Jangan hanya pembangunan apartemen misalnya dibuat hanya untuk kelas menengah ke artas. Warga kelas bawah juga harus mendapat prioritas. Ini untuk memberi rasa keadilan dan dampak ekonomi bagi warga,” ujarnya lagi.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Bogor, Yani Hasan membenarkan soal banyaknya proposal yang masuk. “Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi,” katanya.

Kabid Tata Bangunan Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman (DTBP) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana menjelaskan, syarat berdirinya bangunan tinggi itu salah satunya harus mendapat persetujuan yang intinya merupakan kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP) dari pihak Lanud Atang Sanjaya.

Kawasan tersebut relatif luas, mulai dari pinggir landasan pacu yang disebut runway strip membentang sampai radius 15 km dari ARP dengan ketinggian berbeda-beda sampai 145 m relatif terhadap airport enhancement services (AES). “Syarat lainnya harus ada rekomendasi ketinggian bangunan dari Dinas Tata bangunan dan Pemukiman,” katanya.

Pemohon juga harus memenuhi kelayakan lokasi dengan tes tanah, perhitungan konstruki yang nanti diuji oleh tim ahli bangunan gedung (TABG). “Mengenai ketinggian tergantung hasil kajian TABG bisa atau tidaknya 20 atau 30 lantai,” ungkapnya.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan (DTRP) Kabupaten Bogor, Joko Pitoyo mengatakan, untuk Cibinong, bangunan tinggi tidak akan mempengaruhi keamanan penerbangan. Justru, yang perlu menjadi perhatian adalah lokasi-lokasi mana saja yang diperkenankan mendapat izin.

Joko mengungkapkan, lokasi yang direkomendasikan dalam rencana detail tata ruang (RDTR) Cibinong meliputi kawasan sekitar stasiun di jalur kereta Citayam-Bojonggede, jalur kereta Nambo-Citayam, dan Jalan Jakarta-Bogor yang rencananya akan dibangun LRT.“Itu yang saya maksud dengan konsep TOD (transit oriented development) ada korelasi antara tempat tinggal dengan jalur transportasi supaya masyarakat menggunakan transportasi umum untuk mengurangi beban lalu litas kendaraan,” paparnya.

Joko menambahkan, pembangunan gedung vertikal di kawasan Cibinong sudah menjadi keharusan mengingat semakin sempitnya lahan. Menurut dia, dengan bangunan horizontal 1 hektare lahan, paling hanya untuk 50 sampai 60 rumah dengan KDB 60 persen. Sementara bangunan vertikal bisa dua tower dengan kapasitas 700 unit hunian yang bisa disediakan. “Justru yang harus kita waspadai izin cluster-cluster. Kalau kita tidak kendalikan, nantinya akan semrawut,” katanya.

Suara Pembaruan

Ignatius Herjanjam/FMB

Suara Pembaruan

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me