SMF Terbitkan EBA SP Perdana di Pasar Modal

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) melakukan pencatatan perdana untuk efek beragun aset berbentuk surat partisipasi (EBA-SP) yang pertama kali di Indonesia. Penerbitan EBA-SP ini semakin mempertegas peran dan posisi SMF dalam menjalankan sekuritisasi. Sekuritisasi ini memperkuat pasar keuangan Indonesia khususnya untuk mendukung pengembangan bisnis KPR di Indonesia.

Ilustrasi

Ilustrasi

Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, pencatatan perdana EBA-SP untuk KPR-BTN01 ini akan menjadi bagian dari pasar modal di Indonesia. “Ini menjadi tonggak sejarah bagi SMF untuk menjalankan perannya mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan (PPSP) di Indonesia,” ujarnya saat acara pencatatan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Jumat (4/12).

EBA-SP yang dicatatkan merupakan aset Bank BTN dengan rating triple A (AAA) yang diperingkat oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). EBA-SP KPR SMF-BTN01 merupakan efek hasil sekuritisasi tagihan KPR Bank BTN dimana SMF bertindak sebagai penerbit sekaligus penata sekuritisasi untuk mendukung kredit dan investor. Bank BTN sendiri berperan sebagai kreditur asal dan sebagai penyedia jasa dengan Bank BRI sebagi wali amanat dan bank kustodian.

Raharjo menjelaskan, proses pelaksanaan sekuritisasi dengan metode instrumen EBA-SP ini sudah melalui proses perjalanan cukup panjang sejak didirikannya SMF tahun 2005. Aturan mengenai pedoman penerbitan dan pelaporan EBA-SP dalam rangka pembiayaan sekunder perumahan baru terbentuk pada November 2014 dengan terbitnya aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 23/POJK.04/2014.

“Dengan terbitnya instrumen EBA-SP ini kami yakin dapat memperkuat pasar keuangan Indonesia dan mendukung basis investor domestik. Investor juga semakin yakin dengan adanya efek ini karena penerbitnya SMF yang 100 persen sahamnya dimiliki oleh pemerintah dan ditugaskan khusus untuk mengembangkan PPSP,” tandasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me