Pemerintah Akan Terbitkan HGB Untuk Orang Asing  di Atas SHM

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan, akan menerbitkan hak guna bangunan (HGB) di atas hak milik atas sebuah lahan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyelundupan hukum lahan-lahan di kawasan pariwisata yang dibeli oleh orang asing dengan sistem pinjam nama.

Launching Tower Pasadena Suites

Ilustrasi

“Ini supaya orang-orang yang memiki lokasi tanah yang menarik khususnya bagi orang asing tidak lepas kepemilikannya makanya kita berlakukan saja HGB di atas hak milik. Jadi aturannya lebih jelas, setiap sertifikat yang dimiliki orang asing bersifat final, bila ingin diagunkan hanya bisa diagunkan oleh perusahaan asing. HGB-nya boleh seumur hidup tapi hak kepemilikannya tetap di warga negara Indonesia,” ujarnya di acara rapat kerja nasional (rakernas) Real Estat Indonesia (REI) pekan ini.

Dengan begitu penyelewengan yang selama ini terjadi bisa dihindarkan dengan dibuat resmi sehingga nantinya juga menjadi jelas aliran pajaknya. Orang asing yang bisa membeli juga hanya yang memiliki status pekerja jadi bukan sekadar turis. Hal lainnya lagi adalah mempertegas penentuan harga yang bisa dibeli oleh orang asing apakah Rp5 miliar atau Rp10 miliar.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me