Timur-Barat Bertemu di Gedung Hibrida – Property

Big Banner

JAKARTA – China terkenal dengan kemampuannya membuat replika berbagai gedung terkenal di dunia. Salah satu kreasi unik China adalah menggabungkan dua gedung ternama menjadi satu gedung saja.

Setengah struktur bangunan yang berada di Kota Shijiazhuang itu merupakan replika Kuil Surga di Beijing, dan setengah lainnya merupakan Gedung US Capitol di Amerika Serikat (AS).

“Struktur itu memiliki tinggi empat lantai dan berdiri di kompleks studio film dan televisi di pinggiran kota tersebut,” ungkap laporan China News.

PeoplePeoples Daily Online melaporkan, gedung hibrida itu terletak di New Great Wall International Movie Studio, Shijiazhuang, Provinsi Hebei. Gedung itu diperkirakan akan muncul dalam sejumlah film dan acara televisi di masa depan. Gedung hibrida Beijing dan Washington itu pun menarik ribuan komentar di media sosial. Banyak komentar di situs mikroblog Sina Weibo yang menganggap ide tersebut sangat brilian.

”Dari satu sisi Anda dapat memiliki latar film China, dari sisi lain Anda dapat memiliki latar film Barat,” tulis salah satu pengguna Sina Weibo. ”Ini menghemat biaya konstruksi, betapa aneh dan manis!” tulis lainnya. Pengguna lain berkomentar, ”Ini kreatif, hemat biaya dan bermanfaat, berguna untuk memaksimalkan ruang!” Ada juga yang berpikir bangunan ini sebagai simbol persahabatan antara AS dan China. Pengguna lain juga ada yang mengira bangunan ini hasil perselisihan antara para desainer.

Bangunan ini diduga sebagai gedung hibrida pertama di China yang memiliki banyak bangunan replika. Misalnya di Shijiazhuang berdiri Sphinx Mesir, dan di tempat lain, pengunjung dapat melihat replika Tower Bridge di London, Desa Hallstatt di Austria, Gunung Rushmore di Sichuan, dan bahkan Kota Venice versi China. China juga memiliki gedung Hebei University Arts and Crafts College yang bentuknya meniru sekolah Hogwarts untuk para penyihir di film Harry Potter .

Gedung itu dibangun di Xinle, Provinsi Hebei. Meski demikian, arsitek gedung itu menyatakan dia tidak terpengaruh oleh film tersebut, tapi mendapat inspirasi dari gaya arsitektur Gotik yang banyak terdapat di Eropa Utara. Tidak hanya itu, di Wuhan, Provinsi Hebei, bangunan seperti Tembok Besar China sedang dibangun. Proyek raksasa yang disebut ”Campus Great Wall” itu dibangun di Wuhan Institute of Biological Engineering.

Struktur monumental seperti Tembok Besar itu memiliki beberapa menara dan pintu gerbang. Struktur tertinggi memiliki enam lantai. Total panjang dinding itu akan mencapai lebih dari 1,6 kilometer, menurut berita lokal. Sekolah swasta itu telah mengeluarkan 2,6 juta yuan untuk gedung tersebut, tapi total investasi untuk proyek itu mencapai 4 juta yuan.

Saat selesai, bangunan itu akan digunakan untuk transportasi, pendidikan, kesehatan, dan rekreasi. Kendati bentuk bangunannya mirip, para arsitek tidak mengakui bahwa inspirasinya berasal dari Tembok Besar.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me