Singapura Bangun Perkantoran Tertinggi di CBD London

Big Banner

KOMPAS.com – London lagi-lagi menjadi lokasi pembangunan gedung tinggi. Setelah Renzo Piano membangun gedung setinggi 224 meter di Paddington, kini giliran Eric Parry Architects yang akan membangun high rise di ibu kota Inggris itu.

Hal itu terungkap setelah mereka merilis desain 1 Undershaft kepada publik. Menara dengan 73 lantai itu akan menjadi gedung tertinggi di central business district (CBD) London.

Namun, menara berbentuk persegi panjang itu hanya akan menjadi gedung tertinggi kedua di seluruh London setelah supertall The Shard setinggi 310 meter.

1 Undershaft merupakan proyek milik pengembang properti asal Singapura, Aroland Holdings.

Berada di atas lahan seluas 90.000 meter persegi, 1 Undershaft akan dikelilingi gedung-gedung tinggi lainnya di sekitar City of London.

Bukan hanya itu, gedung yang termasuk kategori high rise ini diklaim sebagai tertinggi yang bisa digunakan publik untuk menikmati pemandangan kota.

Klaim itu semakin diperkuat dengan adanya area umum di lantai dasar 1 Undershaft. Lobi gedung akan ditinggikan untuk memungkinkan masyarakat berjalan melalui bangunan yang berada di ketinggian jalan.

Sementara itu, ruang bawah tanah seluas 1.800 meter persegi dihuni toko-toko dan berbagai macam restoran.

“1 Undershaft bakal menjadi bangunan yang memprioritaskan publik di tempat pertama dengan sebuah lapangan umum sebagai dasarnya dan galeri tertinggi gratis bagi mereka yang ingin menikmati London sebagai puncaknya,” tutur Eric Parry.

Eric menambahkan, nantinya 1 Undershaft tidak beroperasi hanya Senin hingga Jumat, melainkan selama tujuh hari dalam seminggu.

Jadwal tersebut membuat masyarakat bisa menikmati ruang publik baru, menikmati pemandangan, dan makan di restoran setiap hari.

Secara eksternal, 1 Undershaft dirancang memiliki pola berlian dengan penopang perunggu. Pola itu semakin mencolok ketika berada di pintu masuk lobi yang dilengkapi sepasang eskalator menyilang.

Begitu selesai, 1 Undershaft mampu mengakomodasi 10.000 ribu pekerja dan akan memiliki 1.500 tempat parkir sepeda.

1 Undershaft dirancang setinggi 294,6 meter. Lebih jangkung 114,6 meter dibandingkan gedung The Gherkin yang dikembangkan oleh Foster + Partners.

1 Undershaft juga memiliki 13 lantai lebih banyak ketimbang gedung Bishopsgate milik PLP Architectures yang baru mendapatkan izin pembangunannya bulan lalu.

Eric berniat mengajukan permohonan pembangunan 1 Undershaft ke dewan City of London pada 2016.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me