Konsep Rumah Satu Atap Jadi Jawara Kompetisi Desain Atap

Big Banner

Produsen genteng bitumen asal Perancis, Onduline telah mengadakan ‘Onduline Green Roof Award (OGRA)’ kedua. Dengan total 150 karya, baik individual maupun kelompok, OGRA kedua melebihi pencapaian sebelumnya di tahun 2013 yang berjumlah 80 pendaftar.

Dibuka sejak 1 Februari 2015 hingga 30 Oktober 2015 dan mengangkat tema ‘Future Green Roof House Design’, fokus penilaian juri terletak pada bentuk dan fungsi atap rumah tinggal.

Menurut Tatok Prijobodo, Country Director PT Onduline Indonesia, peserta bebas menentukan desain penyelesaian dan instalasi bentuk atap sesuai dengan iklim yang ada di wilayah Indonesia.

“Tujuan lomba adalah mencari ide kreatif, inovatif, dan suistainable terkait rancang bangun atap hunian. Semua dibebaskan, bahkan meski tidak menggunakan produk kami, asalkan ringan dan ramah lingkungan,” ucapnya kepada Rumahku.com di Pisa Cafe, Kemang, Selasa (08/12).

Mengusung konsep Rumah Satu Atap, Rahmat Indriani asal Tangerang berhasil keluar menjadi juara lewat seleksi ketat tiga juri. Yakni Tatok Prijobodo, Naning Adiwoso (Co-Founder Green Building Council Indonesia), dan Andra Matin (Founder Andra Matin Architect.

Rumah Satu Atap sendiri merupakan tiga rumah tinggal yang dirancang menjadi satu atap dengan desain yang menarik tanpa meninggalkan fungsi sosial.

“Selain fitur aliran udara yang baik, pencahayaannya juga bagus dengan dengan satu ruang servis yang memungkinkan para penghuninya untuk saling bersosialisasi,” tegas Tatok.

Selain Rahmat, beberapa pemenang lainnya adalah :

  • Maria vania Griselda, Bandung dengan konsep Harmony with Nature.
  • Ramadhoni Dwi Payana, Medan dengan konsep Community Roof/Center.
  • Haris Dwi Wicaksana, Surakarta dengan konsep Rumah Siklus.
  • Ahmad Grenaldi, Bandung dengan judul Rakatap.

Juara pertama berhak mendapatkan uang tunai Rp 25 juta dan liburan ke Eropa Timur. Juara dua dan tiga mendapatkan uang tunai Rp 17,5 juta dan 12,5 juta, serta berhak menjadi pembicara eksklusif di acara Onduline. Sementara Juara Harapan 1 & Harapan 2 masing-masing berhak membawa pulang iPad.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me