Kelebihan Bekasi untuk Urusan Properti – Property

Big Banner

JAKARTA – Meskipun belum terkoneksi secara penuh dengan Jakarta, Bekasi menjadi daerah yang paling besar potensinya di sektor properti, dibanding dengan daerah lain sebagai penyangga Jakarta.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda mengungkapkan, aksesbiliti di Bekasi sangat besar dengan adanya pembangunan sejumlah infrastruktur seperti Mass Rapid Transpot (MRT), Light Rail Transit (LRT), serta jalan tol Cipali (Cikampek-Palimanan) sepanjang 116 kilometer dan Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) sepanjang 21,04 kilometer.

“Termasuk Cibitung yang akan langsung terkoneksi dengan Cilincing, Jakarta Utara dengan adanya proyek tol,” kata Ali.

Dengan begitu, aspek aksesbiliti menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki Bekasi. Ditambah, sekitar 64 persen kaum komuter berasal dari Bekasi. Jumlah itu paling besar di antara daerah lain seperti Tangerang, Bogor, dan Depok.

“Semua akan terkoneksi dengan Jakarta, segmen properti di kelas menengah termasuk industrial bisa bermain di sana, dan Jabodetabek akan bergerser ke koridor timur (Bekasi, Cikarang, Jakarta Timur),” pungkas Ali.

Untuk diketahui, kaum komuter adalah seseorang yang bepergian ke suatu kota untuk bekerja dan kembali ke kota tempat tinggalnya setiap hari, biasanya dari tempat tinggal yang cukup jauh dari tempat bekerjanya. Contohnya, warga Bodetabek yang bekerja di Jakarta di mana mereka melakukan perjalanan dari tempat tinggal mereka ke tempat kerja mereka hampir setiap hari pulang-pergi.

(rzk)

property.okezone.com