Apartemen Mulai Ditinggalkan di 2016 – Property

Big Banner

JAKARTA – Tingkat okupasi di sektor apartemen sewa diproyeksikan bakal merosot di 2016. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya tambahan pasokan kondominium sewa yang baru selesai.

Senior Manager Cushman & Wakefield Indonesia, Asmara Pusparani mengatakan, meskipun demikian, tingkat serapan sub-sektor apartemen servis diharapkan akan meningkat pada tahun depan khususnya oleh penyewa ekspatriat (asing).

Lanjutnya mengatakan, di sisi lain harga sewa pada tahun depan pertumbuhannya tidak banyak mengalami perubahan. Ia menilai, harga sewa yang telah cukup tinggi terjadi di tahun ini lebih disebabkan karena penurunan nilai tukar rupiah pada 2015.

“Di kuartal IV tahun 2015 pertumbuhan harga sewa relatif stabil. Konversi harga sewa dari dolar Amerika ke Rupiah sudah banyak diimplementasikan secara efektif oleh sebagian besar operator apartemen sewa,” jelas Asmara dalam riset.

Hal tersebut, menurut Asmara jauh berbeda pada kuartal sebelumnya di tahun ini, yakni kuartal II dan III di mana pergerakannya lebih fluktuatif.

“Tentu itu akibat dari depresiasi Rupiah dan implementasi penggunaan nilai tukar Rupiah dalam setiap transaksi sewa oleh operator apartemen sewa, kalau sekarang lebih stabil,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me