Pilkada Serentak 2015, 269 Daerah Ikut ‘Nyoblos’

Big Banner

Hari ini, 9 Desember 2015 ditetapkan sebagai hari penyelenggaraan Pemilukada atau Pilkada serentak yang diadakan di berbagai wilayah di Indonesia. Sebanyak sembilan provinsi, 36 kota, dan 224 kabupaten yang berpartisipasi dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2015. Namun untuk wilayah Jakarta, pemilihan akan dilaksanakan pada tahun 2017.     

Pemilihan Kepada Daerah serentak ini merupakan kali pertama diselenggarakan di Indonesia dan juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Presiden Joko Widodo berharap kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar. 
 

BACA JUGA : INILAH SAAT TERBAIK MEMBELI PROPERTI

“Ini pengalaman pertama. Saya berharap seluruh masyarakat dapat berpartisipasi aktif, menggunakan hak pilih, untuk memilih pemimpin-pemimpin di Indonesia,” kata Jokowi seperti informasi yang diterima Rumahku.com. 

Guna membantu pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi informasi secara luas terkait perhitungan suara dalam pelaksanaan Pilkada yang akan diselenggerakan besok. KPU meluncurkan aplikasi bernama Situng (Sistem Informasi Penghitungan Suara).  

Situng sengaja dibuat untuk menjaga prinsip dan asas transparan penyelenggaraan pemilu. Aplikasi ini bisa diakses langsung oleh masyarakat sehingga Pilkada dapat berjalan jujur dan adil.

Menurut Ketua  KPU, Husni Kamil Manik, Situng dapat dijadikan sebagai alat untuk mencegah praktik manipulasi perolehan suara. Aplikasi ini pun pernah digunakan dalam pemilihan presiden pada tahun 2014 lalu.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me