Realisasi Penyaluran KPR Sudah Capai 260 Ribu Unit – Property

Big Banner

JAKARTA – Realisasi penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga akhir tahun ini tercatat sebanyak 260 ribu unit. Jumlah tersebut diklaim melebihi target yang ditetapkan yakni hanya sebesar 70 ribu unit.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Maurin Sitorus, mengatakan target yang ditetapkan APBN sudah terpenuhi sejak Juni 2015.

“Prediksi BTN sendiri semitar 261 ribu. Selebihnya itu di luar 70 ribu menggunakan dana internal, ditalangin dulu tapi diganti dengan dana APBN 2016,” jelas Maurin, usai menghadiri Seminar Outlook Ekonomi, Perbankan, dan Properti 2016, di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Lebih lanjut dia mengatakan, tetap ada syarat yang harus dilewati salah satunya adalah audit BPKP. “Alokasi dana FLPP bisa di bayar menggunakan alokasi 2016 sebab yang tahun ini sudah habis, tapi ketentuannya harus audit dulu, tapi nanti yang dikeluarkan BTN akan diperhitungkan lagi,” tambahnya.

Realisasi KPR yang tercatat lebih itu merupakan dampak dari meningkatnya daya beli masyarakat terhadap rumah bersubsidi. “Karena bantuan pemerintah telah dikeluarkan seperti uang muka 1 persen dan suku bunga 5 persen sampai 20 tahun,” katanya.

(mrt)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me