2017, Harga Rumah PNS Diperkirakan Naik jadi Rp130 Juta – Property

Big Banner

MALANG Perumahan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, diperkirakan mengalami kenaikan di 2017. Kenaikan harga rumah bisa mencapai Rp130 juta per unit dari harga sebelumnya sebesar Rp115 juta.

Pengembang yang mengerjakan pembangunan perumahan PNS di Kabupaten Malang, Tri Wedianto mengatakan dengan bantuan tambahan uang muka, para PNS bisa memiliki rumah dengan angsuran Rp750.000 per bulan dalam jangka waktu 15 tahun.

“Artinya, dibandingkan dengan kenaikan yang direncanakan pemerintah, perumahan khusus PNS hanya naik sekitar 15 persen untuk patokan pada tahun yang sama,” jelasnya di Malang, Jumat (11/12/2015).

Menurutnya, kenaikan harga disebabkan oleh banyak hal, di antaranya yang paling tinggi adalah ongkos tukang dan harga material yang terus naik. Sebagai perbandingan, biaya yang harus dikeluarkan pengembang untuk tukang saat ini Rp450 ribu per meter. Harga itu adalah harga borongan, sedangkan tahun lalu, biaya tukang hanya Rp350 ribu per meter.

Menyinggung investasi yang disiapkan untuk pembangunan perumahan PNS tahap II, Tri tak bisa mengatakannya dengan alasan nilai investasi yang dikeluarkan pengembang hanya meliputi biaya konstruksi. Sedangkan investasi tanah tak masuk perhitungan karena proyek tersebut menggunakan aset Pemkab.

“Dalam waktu dekat kami akan menggelar sosialisasi kepada PNS lewat masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD karena lebih efektif dibanding cara lain seperti yang kami lakukan pada tahap pertama dulu,” ujarnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me