PLN Sewa Kapal Listrik Berkapasitas 120 MW dari Turki

Big Banner

PT PLN (Persero) mendatangkan kapal pembangkit listrik berkapasitas 120 megawatt (MW). Kapal ini merupakan kapal sewa dari Turki yang diharapkan dapat mengatasi krisis pasokan listrik di sejumlah wilayah di Indonesia.

Sebanyak lima kapal energi listrik bernama “Marine Vessel Power Plant” ini telah dipesan oleh Presiden Jokowi, dan kemungkinan akan bertambah lagi sebanyak empat unit dalam enam bulan mendatang.

“Karena negara kita adalah negara kepulauan, yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, saya kira pembangkit listrik di atas kapal ini yang dapat berpindah dari satu pulau ke pulau lain paling tepat untuk Indonesia,” ujar Presiden seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Kapal produksi tahun 2014 ini disewa selama lima tahun oleh PLN. Lokasi-lokasi yang menjadi titik koneksi kapal listrik ini antara lain di Amurang, Sumatera Utara (240 MW), Ambon (60 MW), Kupang (60 MW), dan Lombok (60 MW). Lokasi kapal ini dapat berpindah-pindah sesuai kebutuhan sistem.

Proyek kapal listrik ini merupakan investasi asing bersifat langsung yang terbesar bagi perusahaan Turki di Indonesia. Adanya kapal pembangkit listrik ini dapat menghemat anggaran negara sampai Rp 350 miliar untuk satu tahun.

Kepala Divisi Supply Chain Management PT PLN, Septa Hamid mengatakan, anggaran negara bisa hemat karena pengeluaran biaya untuk pembelian listrik dari kapal pembangkit listrik ini lebih murah dibanding membeli di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

rumahku.com