Pertumbuhan Properti Bakal Melesat Saat MEA 2016 – Property

Big Banner


JAKARTATren properti setiap tahun tidak akan lepas kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi global. Tahun depan, sektor properti diyakini akan mulai bergairah kembali, hal ini berkaitan dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016

Terdapat beberapa indikator yang dinilai menjadi kunci start up-nya properti 2016. Pengamat properti dari Ernst & Young (EY) Indonesia, David Rimbo mengatakan, yang paling terlihat, selain karena MEA 2016 juga disebabkan karena tujuh paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah akan mulai terasa implementasinya.

“Tren properti mau tidak mau pasti akan mengikuti prospek ekonomi global, tahun depan kita optimis mulai start-up lagi khususnya properti, karena ada beberapa indikasi,” kata David di sela peluncuran konsorsiumnya bersama Pollux Properties, Apertemen Chadstone Phase III, di Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Indikasinya lanjut David, meliputi penyerapan anggaran dan suku bunga acuan (BI rate) yang akan diturunkan, serta terjadinya pergeseran koridor properti ke area wilayah timur seperti Jakarta Timur, Bekasi, dan Cikarang, yang disebabkan belum adanya mixed-use residensial yang tumbuh.

“Pertumbuhan ekonomi tinggi dapat menjadi landasan pembangunan properti dan lahan industri. Secara umum sebenarnya kita bisa sampai 4 persen tumbuh tahun depan, tapi masalahnya adalah persepsi, beberapa tahun lalu sebelum kita masuk MEA kita terlalu bergantung pada komoditas ekspor,” jelasnya.

David menambahkan, arus investasi properti juga diyakini akan meningkat karena arus investasi dari Asia mulai berdatangan, khususnya dari Korea, Jepang, dan Tiongkok.

“MEA juga kita sebenarnya punya beberapa kekuatan yang bisa meningkatkan daya saing, kaya Pasar Domestik yang kuat, pendapatan per kapita naik sehingga Indonesia bisa jadi negara menengah industrial, belum lagi bonus demografi jadi bisa tersedianya SDM lebih banyak,” pungkas David.

(rzy)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me