Forum Perkotaan Hijau Kembali Digelar

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan tahunan Urban Greening Forum (UGF) kembali digelar untuk kali keempat di Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR).

Acara ini dilakukan untuk memfasilitasi para pihak pembangun kota agar bisa saling bersinergi mewujudkan kota berkelanjutan di Indonesia.

“Selamat atas terselenggaranya acara ini. Semoga seluruh peserta, yaitu 142 peserta, bisa mengimplementasikan hal-hal positif dari forum ini,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Urban Greening Forum merupakan tindak lanjut dari Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang telah diinisiasi Kementerian PUPR sejak 2011.

Basuki menambahkan, konsep universal tentang pembangunan berkelanjutan haruslah seimbang antara dimensi ekonomi dengan dimensi sosial dan lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan pembangunan infrastruktur hijau dan pembangunan manusia.

Konsep keberlanjutan bukan terbatas hanya pada sisi akademik atau pilihan kebijakan. Namun, sisi yang saling terkait satu sama lain, yakni sisi kebijakan dan sisi penerapannya.

Kebijakan yang tegas dan kuat tentang pembangunan berkelanjutan harus bisa ditransformasikan secara efektif menjadi program-program nyata yang bermanfaat.

Dalam acara tersebut, para peserta yang hadir antara lain para pimpinan kota/kabupaten, akademisi, praktisi, dan lembaga swadaya masyarakat.

Basuki berharap para pemangku kepentingan ini bisa bersama-sama membangun kota yang berkelanjutan dengan menerapkan infrastruktur hijau dan pembangunan manusia.

“Dalam konteks ini, para pelaku bisa menciptakan taman-taman kota yang dapat menjadi ruang penghubung antara masyarakat satu dengan lainnya,” tandas Basuki.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me