Penerbitan REIT Buat Industri Properti Lebih Maju – Property

Big Banner

JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, ada efek berganda (multiplier effect) yang akan tercipta bila Dana Investasi Real Estate (DIRE) atau lebih dikenal dengan Real Estate Investment Trust (REIT) berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) banyak diterbitkan nantinya di Indonesia.

“Nah, yang kita harus lihat akan ada multiplier impact-nya dari DIRE ini,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat di SCBD, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Dia menjelaskan, DIRE akan membuat properti di Tanah Air akan lebih maju. Pasalnya, ada dana yang dapat dimanfaatkan pihak masyarakat.

Masih kata Samsul, banyak investor institusi yang ingin DIRE menjadi lebih maju karena dividen atau rasio yang mesti dibagi dari pendapatan juga diminimalkan 90 persen.

“Jadi, 90 persen harus dikembalikan kepada pemilik unitnya,” jelasnya.

Selain itu, menjadi potensi pendapatan bagi Ditjen Pajak. Seperti adanya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari perusahaan-perusahaan properti yang akan menerbitkan DIRE tersebut.

“Transaksi bursa, kemudian pajak bumi bangunan atas bangunan baru, ini sebenarnya potensi pajak yang bisa diharapkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me