Menteri Agraria Serahkan Sertifikat HGB untuk PKL Pasar Cikupa – Property

Big Banner

TANGERANG – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) bagi 22 pedagang kaki lima (PKL) Pasar Cikupa yang berada di kawasan pengelolaan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Ini (sertifikat HGB) dapat digunakan untuk menambah modal usaha dengan mengagunkan ke Bank Jabar dan Banten,” kata Ferry di Cikupa Tangerang Banten, Selasa (15/12/2015).

Ferry berharap penyerahan sertifikat HGB bagi PKL yang berada di bawah pengelolaan Pemkab Tangerang itu dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

Pelayanan sertikat HGB bagi PKL sebagai rangkaian program kebijakan ekonomi paket ketujuh dari Kementerian ATR/BPN RI yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ferry menuturkan Kementerian ATR/BPN RI bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk mendorong pemanfaatan lahan dalam rangka menata PKL yang berada di kawasan pengelolaan pemda termasuk perangkat desa seperti kepala desa.

Terkait besaran pinjaman kredit bagi PKL yang memiliki sertifikat HGB, Ferry mengungkapkan pihak Bank Jabar Banten (BJB) yang akan menghitung sesuai kemampuan calon kreditur.

“Berapa besar dan jangka waktu peminjaman nanti ditentukan sesuai kemampuan dengan angsuran harian,” ujar Ferry.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang Sudaryanto menambahkan pihaknya masih memverifikasi jumlah PKL Pasar Cikupa yang tercatat secara valid terdaftar di pengelola pasar itu.

“Kita akan berikan sertifikat HGB bagi seluruh PKL yang valid terdaftar di pengelola karena saat ini masih proses verifikasi,” tutur Sudaryanto.

Ia menyebutkan jumlah PKL di Pasar Cikupa sebanyak 600 orang namun seluruhnya tidak terdaftar resmi pada pengelola.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me