Gedung-Gedung Tinggi New York Minim Selera!

Big Banner

KOMPAS.com – Mark Foster Gage, arsitek asal New York, Amerika Serikat telah mengusulkan untuk memberikan elemen gothic pada bangunan setinggi 102 lantai di Manhattan. Hal ini dilakukan karena Gage menganggap bangunan itu tidak memiliki desain arsitektur.

Gage merancang desain dekoratif untuk bangunan apartemen di West 57th Street sebagai alternatif banyaknya pencakar langit konvensional yang muncul di pusat kota.

“Saya kira banyak bangunan super tinggi di New York tidak memiliki selera desain arsitektur. Mereka hanya kotak-kotak tinggi yang ditutupi produk-produk tirai kaca,” kata Gage.

Apa yang ada di gedung-gedung jangkung itu dianggap Gage bukanlah desain. Menurutnya, desain merupakan upaya berpikir banyak hal hebat seperti bagaimana sebuah gedung muncul dari jarak berbeda atau untuk membuat tiap lantai menjadi unik bagi pemilik.

Proposal desain yang ditawarkan oleh Gage adalah mencakup empat balkon kantilever besar dengan ukiran sayap dari beton yang dibuat memanjang keluar dari struktur eksterior.

Gage juga memberikan detail rumit untuk menutupi menara tersebut. Detail itu diaplikasikan lewat patung beton berwarna layaknya batu gamping yang menyerupai bagian depan mobil dan baling-baling.

Sementara yang lainnya difungsikan Gage sebagai patung gargoyle konvensional. Bangunan itu juga dihiasi bentuk geometri simetris yang ditempatkan di keempat sisi. Gage telah menyarankan penggunaan teknologi robot CNC untuk membuat ukiran.

Gage menggunakan dekorasi perunggu dan kuningan untuk memperpanjang bagian atas gedung. Kedua bahan itu juga digunakan untuk membentuk elemen bergerigi di dasar gedung dan elemen melengkung yang membentuk sayap di sisi lain gedung.

Gage mengakui, ketertarikan utamanya adalah bukan membuat gedung menjadi bernuansa layaknya bangunan seabad lalu, namun lebih kepada pengungkapan kualitas dari sebuah gedung.

“Sebaliknya kami tertarik untuk memiliki area dengan resolusi tinggi dan rendah pada fasad, sehingga bangunan mampu menunjukkan kualitas yang berbeda dari jarak pandang yang berbeda. Termasuk dari interior,” tambahnya.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me