Jasa Marga Garap Jalan Tol Sepanjang 460 Km

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Keinginan pemerintah untuk memacu pembangunan infrastruktur mendapat sambutan positif  PT Jasa Marga. Perusahaan BUMN itu hingga tahun 2018 mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex)  sebesar Rp40 triliun.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Kita tetap akan fokuskan untuk menggarap 13 ruas jalan tol sepanjang 460 km. Untuk tahun 2016 saja capex yang kita anggarkan lebih dari Rp16 triliun, semuanya kita kebut jadi nggak mau kalah sama proyeknya pemerintah. Sumber anggarannya dari kas internal dan sumber eksternal,” ujar Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, di sela-sela acara Forum BUMN di Jakarta, akhir pekan lalu.

Beberapa proyek jalan tol pembangunannya dapat segera dimulai. Saat ini pembebasan lahan untuk proyek jalan tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono hampir rampung, masing-masing mencapai 96 persen dan 87 persen. Hingga akhir tahun ini pembebasannya ditargetkan selesai.  Bila ini terwujud pembangunan dua ruas tol itu dapat diselesaikan tahun 2017.

Selain itu Jasa Marga juga akan mengakuisisi jalan tol baru di ruas Semarang-Batang sepanjang 75 km. Di Sumatera Jasa Marga berinvestasi untuk ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km) yang memakan investasi lebih dari Rp16,7 triliun. Ruas tol lainnya  di Sumatera yang akan digarap Jasa Marga adalah Pematang Pangga-Kayu Agung (85 km) dan Palembang-Tanjung Api-api (90 km) dengan investasi Rp10,12 triliun dan Rp14,28 triliun.

“Hingga kuartal ketiga tahun ini kami mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp5,1 triliun. Naik sebesar 5,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014. Untuk tahun depan kami menargetkan angka moderat mengingat perekonomian masih akan slow, kalau bisa tumbuh 7 persen saja sudah cukup bagus,” imbuhnya.

housing-estate.com