Cara Menanam dan Merawat Rumput Kucai Mini

Big Banner
Kucai MiniKucai Mini

Propertinet.com – Jenis tanaman penutup tanah atau ground cover pada umumnya menyukai sinar matahari, namun untuk wilayah tertentu, misalnya di bawah pohon sulit dijangkau sinar matahari. Maka tanah pada area tersebut susah ditanami rumput dan menjadi gundul.

Salah satu tanaman penutup tanah adalah kucai mini (Carex morrowii ). Ada cara khusus dalam penanaman dan perawatan kucai mini  tersebut.

Tanaman berdaun panjang yang meruncing pada bagian ujungnya ini terbilang “bandel”. Ia sanggup bertahan di area teduh, namun juga mampu menghadapi teriknya sinar matahari.  Selain itu, perdu berdaun hijau tua dengan tinggi maksimal 10cm ini punya tampilan memikat. Tak kalah keren dibanding tanaman ground cover  lainnya.

           Baca Juga!

 

Sebelum mulai menggunakannya, ketahui dulu trik menanam dan  merawatnya.  Siapkan kucai yang akan ditanam, juga pupuk kandang, sekop, batu pijakan (steping stone ), dan air untuk menyiram.  Selanjutnya, lakukan langkah berikut.

1.Tanah diberi pupuk kandang dengan perbandingan 1 bagian pupuk  5 bagian tanah. Aduk hingga pupuk tercampur dan tanahnya menjadi  gembur.

2.Siram tanah dengan air secukupnya untuk melembapkan.

3. Gali tanah dengan sekop hingga kedalaman ± 5cm.

4.Keluarkan kucai mini dari polybag. Tanam ke dalam lubang yang sudah disiapkan, biarkan sebagian media tanam yang ada dalam polybag ikut tertanam.

5.Karena kucai mini tidak merambat, untuk mendapatkan hasil yang bagus kucai mini harus ditanam dengan jarak rapat-rapat. Jangan biarkan ada lahan yang terbuka.

6.Kucai mini akan mati jika diinjak-injak. Tanamlah batu pijakan (steping stone ) di antara tanaman rumput kucai  mini.  Susun batu pijakan agar Anda tak perlu menginjak kucai mini saat merawat dan menyiramnya. Pijakan juga dapat menambah nilai artistik taman.

7.Kucai mini tumbuh dengan baik di atas tanah yang cukup mengandung air. Jaga kelembapan tanah dengan penyiraman 2 kali sehari.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me