SMF Akan Salurkan Rp1,5 Triliun ke KPR

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Memandang optimistis perekonomian yang akan semakin membaik di tahun 2016, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF), akan menerbitkan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) hingga Rp1,5 triliun. Bank pesertanya tahun depan akan bertambah, selain Bank BTN akan menyusul Bank Mandiri.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Jadi tahun depan penerbitan EBA-SP akan lebih semarak karena efek ini sudah mulai dikenal dan Bank Mandiri juga mau masuk. Selain itu kami dari SMF selain penerbit juga akan bertindak sebagai pembeli siaga,” ujar Raharjo Adisusanto, Direktur Utama SMF kepada media di Jakarta, Rabu (16/12).

Raharjo berharap, dengan peluncuran sekuritisasi aset KPR perbankan dengan EBA-SP ini bisa mempercepat pertumbuhan volume KPR khususnya untuk pembiayaan program sejuta rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Ia menyebutkan penerbitan efek dengan transaksi EBA-SP ini mulai tersosialisasi dengan baik dan akan dimaksimalkan oleh bank penyalur KPR.

“Skema EBA-SP merupakan pengembangan pasar pembiayaan khususnya untuk sektor KPR. Skema pembiayaan ini juga menciptakan alternatif investasi di pasar modal Indonesia. Kami juga yakin pasar akan semakin menggemari efek ini karena kami sebagai penerbit merupakan BUMN yang 100 persen dimiliki oleh pemerintah,” imbuhnya.

housing-estate.com