Kemenkeu Siapkan Hibah Lahan ke Kementerian PUPR

Big Banner

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan menyiapkan hibah lahan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendorong suplai hunian dalam keberlanjutan program sejuta rumah.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Vicentius Sonny Loho menuturkan lahan potensial yang digunakan untuk mendukung keberlanjutan program sejuta rumah masih dalam tahap peninjauan bersama Kementerian PUPR. Sementara ini, ada 21 lokasi dengan luas 381 hektare yang bisa disediakan Kemenkeu.

Menurutnya, bila Kementerian PUPR sudah memastikan tanah yang akan digunakan untuk pembangunan rumah murah, maka DJKN bisa memproses langsung pemberian aset tersebut.

“Tanah yang ada masih banyak, tapi sementara yang ditawarkan baru 21 bidang tanah seluas 381 hektare. Ini lahan yang sudah free and clear,” ujarnya dalam Seminar Nasional Dalam Mendukung Program Satu Juta Rumah yang diselenggarakan SMF dan Bisnis Indonesia pada Kamis (17/12/2015).

Seiring dengan peninjauan dan koordinasi bersama Kementerian PUPR di lapangan, Sonny menyebutkan pemberian lahan dapat dilakukan secara berkelanjutan sesuai kebutuhan. Nantinya, skema serah terima aset tanah dapat melalui proses hibah maupun lelang.

Menurutnya, dalam program sejuta rumah, Kemenkeu memiliki lima peranan, yakni pemberian dana bergulir, pentertaan modal negara, bantuan uang muka, keringanan pajak, dan penyediaan lahan.

properti.bisnis.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me