Medellin, Sarang Narkoba yang Jadi Ekonomi Terkuat di Amerika Latin

Big Banner

KOMPAS.com – Eskalator biasanya banyak dijumpai di pusat perbelanjaan. Namun, bagaimana halnya jika eskalator muncul di sisi bukit Kolombia?

Secara mengejutkan, eskalator menjadi salah satu solusi transportasi inovatif yang telah membantu mengubah kehidupan orang-orang di area yang dulunya terkenal sebagai salah satu kota paling berbahaya, di dunia.

Lokasi itu adalah Medellin, sebuah kota di Kolombia Utara. Pada tahun 80-an dan 90-an, kota itu identik dengan kekerasan antar pengedar narkoba dan kelompok-kelompok paramiliter, sementara masalah kemiskinan kerap kali dikucilkan oleh sebagian besar masyarakat.

Sebelum mencapai Comuna 13, 12.000 warga harus mendaki setara dengan 28 lantai rumah setelah menggores hidup mereka di kota.

Namun kini semuanya berubah, Medellin telah menjadi kota yang penuh warna. Kota terbesar kedua di Kolombia itu kini menjadi daerah metropolitan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Amerika Latin.

Perencanaan kota berdaya cipta menjadi salah satu alasan di balik kesuksesan tranformasi kota Medellin.

Berada tinggi di lereng bukit, sebuah lokasi bernama Comuna 13 terkenal sebagai benteng gerilyawan dan pengedar narkoba.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me