Semarang Diusulkan Jadi Kota Bonsai – Property

Big Banner

SEMARANG – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) mengusulkan Kota Semarang menjadi Kota Bonsai. Kota ini memiliki potensi alam hortikultura yang sangat variatif tapi belum memaksimalkan tanaman jenis bonsai.

Ketua Umum PPBI Sapto Darsono mengatakan, jika Semarang bisa mengembangkan potensi bonsai maka akan menjadi kota pertama di Indonesia yang membudidayakan bonsai. Dia mengusulkan agar ada taman khusus bonsai di ibu kota Jateng ini.

“Sehingga masyarakat bisa tahu dan menikmati keindahannya. Sehingga bonsai pun akan semakin banyak digemari oleh masyarakat,” kata Sapto saat acara pembukaan Semarang Expo Hortikultura di Stadion Tri Lomba Juang kemarin.

Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto sangat setuju dengan usulan tersebut. Menurutnya, bonsai adalah tanaman yang bisa memberikan ketenangan bagi penikmatnya. “Terlebih lagi, kemarin baru saja ada Pilwakot. Saling gontok-gontokan. Kalau lihat bonsai, bisa saja taman tersebut jadi tempat menenangkan pikiran,” kata Tavip seusai membuka acara.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang WP Rusdiana mengatakan, telah mendorong para petani di Semarang membudidayakan tanaman bonsai. Pihaknya menilai tanaman ini bisa menjadi tanaman alternatif di saat kondisi lahan di perkotaan semakin sempit. Bahkan, pihaknya juga akan membuat kurikulum budi daya bonsai untuk panduan para petani.

“Nilai ekonomis tanaman bonsai ini cukup tinggi, cocok untuk para petani di perkotaan seperti Kota Semarang,” ucapnya.

Pihaknya akan memfasilitasi pendampingan PPBI untuk melatih para petani di Semarang. Harapannya dapat mengubah citra di masyarakat sekarang ini bahwa bonsai identik dengan hobi kelompok menengah ke atas atau orang kaya. Potensi untuk membudidayakan bonsai di Semarang juga sangat mendukung.

Banyak wilayah yang kondisinya alamnya memiliki aneka jenis bibit tanaman bonsai, seperti di Kecamatan Gunungpati, Mijen, dan Tugu. Kawasan di daerah itu banyak menyimpan ekosistem tanaman yang bisa dibonsai. Pemasaran tanaman bonsai di Semarang juga tergolong mudah karena didorong pariwisata dan pertamanan, di mana taman- taman di Semarang sedang gencar direvitalisasi maupun membuat taman-taman baru.

(M Abduh/Koran SINDO)

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me