Jualan Rumah di Tiongkok Sedang Laris Meski Harga Naik

Big Banner

Pasar real estate Tiongkok pada bulan November alami pertumbuhan yang lebih baik dari bulan sebelumnya dengan naiknya harga rumah di sebagian besar kota besar negeri tersebut menurut laporan Biro Statistik Nasional Tiongkok (NBS) hari ini (18/12).

Secara bulanan rumah di sebagian besar kota-kota Cina naik  pada bulan Oktober,  harga rumah turun di 33 kota dari 70 kota yang disurvei oleh NBS. Hanya rumah di  27 kota yang turun  sedangkan selebihnya 10 kota harga tidak berubah.

China Newly Built House Prices YoY Change

Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, harga rumah turun di 54 kota dari 70 kota pada bulan Oktober, sementara itu  16 kota alami kenaikan harga. Namun  secara tahunan, pasar perumahan Tiongkok  tetap menanjak pada bulan November, dengan 16 kota alami kenaikan harga rumah baru, lebih tinggi dari 12 kota pada bulan Oktober.

Dari sisi penjualan,  jualan rumah  naik 18 persen pada bulan November dari tahun lalu, sedikit lebih tinggi dari kenaikan 16 persen pada bulan Oktober, meskipun melemah dari pertumbuhan bulanan di atas 30 persen pada periode Mei ke Agustus.

Meningkatnya penjualan belum berhasil menghidupkan kembali kecepatan lambat investasi. Investasi properti meningkat 1,3 persen dalam 11 bulan pertama dari periode yang sama tahun lalu, laju paling lambat dalam lebih dari lima tahun.

Pembangunan rumah baru yang merupakan indikator utama dari investasi real estat, merosot 15 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, menyusul penurunan 24 persen pada Oktober, menurut data pemerintah.

 

 

H Bara/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me