Antisipasi Genteng Bocor, Siapkan Dana Darurat Anda! – Property

Big Banner

JAKARTA – Usai musim kemarau berlalu, saatnya Indonesia dihadapkan dengan musim hujan. Tidak hanya pemerintah yang sibuk mempersiapkan musim hujan tiba, tapi keluarga juga mempersiapkannya.

Ada beberapa hal yang dipersiapkan seperti kesiapan rumah menghadapi musim hujan. Selama kemarau, tentunya kita tak mengetahui seberapa kuat rumah kita saat menghadapi hujan. Ketika hujan tiba, baru lah kita tahu, apakah genteng bocor, kemudian menggantinya, atau saluran air pecah, dan lainnya yang pastinya membutuhkan uang untuk memperbaikinya.

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, uang untuk perbaikan rumah itu dinamakan uang darurat. Menurutnya, uang darurat tersebut harus dipersiapkan pada setiap keluarga. Di mana dari penghasilan yang ada, sebanyak 10 persen harus disisihkan untuk uang darurat.

“Selama kemarau ‘kan tidak ada pengeluaran untuk rumah. Tapi ketika hujan, tiba pengeluaran untuk rumah harus ada. Kalau bocor ‘kan tidak mungkin lagi menunda-nunda untuk tidak memperbaikinya. Nah, hal itu bisa memakai dana darurat untuk rumah Anda,” paparnya kepada Okezone.

Menurutnya, pengeluaran untuk rumah tidak pernah bisa diperkirakan. Akan banyak pengeluaran untuk perbaikan lainnya selain genteng bocor, jadi harus dipersiapkan biaya tak terkira tersebut jauh-jauh hari.

“Artinya apa? Uang darurat ini tidak boleh diutak atik, jangan digunakan untuk lainnya. Karena genteng bocor itu bersifat darurat. Jadi 10 persen dari penghasilan tidak boleh dikeluarkan untuk hal lainnya,” tukasnya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me