Terminal Lebak Bulus Akan Dibangun Kembali

Big Banner
Terminal Lebak BulusTerminal Lebak Bulus

Propertinet.com – Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang sejak tahun lalu dibongkar untuk pelaksanaan proyek mass rapid transit (MRT), akan dibangun dan difungsikan kembali sebagai terminal angkutan umum.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah, terminal baru itu akan dibangun di atas Depo MRT oleh kontraktor MRT. “Terminal ini akan berfungsi seperti sediakala dan sifatnya terintegrasi dengan  moda angkutan lain dan MRT sehingga penumpang tidak perlu keluar lagi,” ujar Andri kepada media di Jakarta, Rabu (16/12).

           Baca Juga!

 

Terminal akan melayani rute dalam dan luar kota. Saat ini pihak Dishubtrans dan instansi terkait tengah mematangkan konsep Terminal Lebak Bulus khususnya desain terminalnya. Apabila sudah siap desainnya akan diajukan ke gubernur untuk dipresentasikan dan memeroleh persetujuan.

Pembangunan kembalinya Terminal Lebak Bulus ini untuk mendukung MRT sebagai moda transportasi utama. Di sini bus-bus pengumpan (feeder) menurunkan penumpang sebelum pindah ke MRT. Lebak Bulus juga dirancang sebagai kawasan transit oriented development (TOD) untuk meminimalkan warga menggunakan kendaraan pribadi.

“Lebak Bulus jadi hub pergerakan orang dari area sekitarnya. Ditargetkan terminal ini akan selesai tahun 2018 bersamaan dengan layanan MRT tahap satu yang melayani Lebak Bulus-Bundaran HI,” pungkasnya.

propertinet.com