Program Sejuta Rumah Sudah Bangun 660.474 Rumah di 2015

Big Banner

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Syarif Burhannudin menyampaikan bahwa pemerintah serius dalam menjalankan Program Sejuta Rumah Untuk Rakyat.

Menurut Syarif, banyak pihak yang meragukan terkait jumlah data rumah yang telah dibangun oleh Kementerian. Padahal kenyataan di lapangan, pembangunan yang dilakukan saat ini terus berjalan dan sesuai dengan jumlah yang telah dicapai saat ini.

“Total pembangunan rumah tinggal tahun 2015 adalah sebanyak 660.474 unit,” terang Syarif Burhannudin, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

PU-Pera sangat berhati-hati menampilkan data program sejuta rumah. Setiap ada angka baru yang masuk, selalu dilakukan upaya koreksi dengan melakukan monitoring di lapangan untuk kemudian dilaporkan kepada tim Program Sejuta Rumah. Data pun disampaikan secara terbuka ke pihak media.

Sebagai informasi, program ini dibiayai melalui berbagai cara, termasuk menggandeng pemerintah daerah, pengembang swasta, dan masyarakat sendiri secara swadaya.

Syarif juga menjelaskan kebutuhan rumah per tahun di Indonesia mencapai 800 ribu rumah, sedangkan jumlah kekurangan rumah (backlog) diperkirakan mencapai 13,5 juta unit menurut data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain itu, laporan penyaluran KPR oleh masing-masing bank penyalur sampai dengan bulan November 2015, yakni Rp 42,3 triliun. Nilai penyaluran tersebut berasal dari KPR-FLPP sebesar Rp 11,9 triliun dan KPR komersial sebesar Rp 30,4 triliun.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me