Pemerintah Tolak Usulan Kenaikan Harga Rumah Murah

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah telah mematok kenaikan harga khusus untuk rumah murah yang mendapatkan pembebasan PPN tidak lebih 5 persen dari patokan harga yang juga ditetapkan oleh pemerintah. Sebelumnya, asosiasi perusahaan pengembang yang tergabung di Real Estat Indonesia (REI) mengusulkan agar kenaikan harga rumah bersubsidi ini mencapai 10 persen ditambah dengan kenaikan inflasi.

Patokan harga rumah bersubsidi naik.

Patokan harga rumah bersubsidi naik.

Alasan REI sebagaimana dikemukakan ketua umumnya Eddy Hussy, agar kalangan pengembang lebih mudah membuat fomulasi maupun penyesuaian harga jual setiap tahunnya sehingga lebih menjamin kepastian bagi masyarakat maupun pelaku industri. Namun hal ini ditolak oleh pemerintah.

Menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, angka 10 persen plus inflasi ini terlalu tinggi dan hanya akan memberatkan konsumen golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Karenanya pemerintah tetap menggunakan patokan yang lama dan belum akan mengubahnya.

“Kecuali pengembang mau transparan menyebutkan berapa biaya produksi dan margin yang didapatnya. Selama ini informasinya asimetris, mereka mau patokan kenaikan yang lebih tinggi tapi berapa biaya produksinya tidak pernah disampaikan,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (23/12).

Bila pengembang mau transparan menyebutkan hitungan keuangannya, hal ini menurut Maurin, bisa dijadikan landasan bagi pemerintah untuk menetapkan kenaikan yang lebih tinggi sebagaimana yang diinginkan pengembang. Dengan basis ini bisa dihitung dan dilakukan evaluasi berapa sebetulnya penetapan harga yang tepat termasuk dengan perincian kenaikan regulernya.

Di sisi lain makanya pemerintah bersikukuh dengan kenaikan 5 persen ini, nyatanya cukup banyak pengembang yang menyampaikan sudah menerima margin keuntungan yang cukup. “Mereka menyebut sudah mendapatkan margin mencapai 15-20 persen. Untuk rumah murah seperti ini janganlah mau untung terlalu besar, makanya unitnya diperbanyak biar untungnya juga besar,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me