“Pyongyang Speed”, Rahasia Korut Membangun Secepat Kilat

Big Banner

KOMPAS.com – Meski merupakan salah satu negara otoriter, Korea Utara (Korut) memiliki kecepatan dalam membangun infrastruktur.

Salah satunya untuk proyek “Mirae Scientist Street”, sebuah kawasan yang didedikasikan untuk ilmuwan dan insinyur.

Mirae (berarti masa depan) Scentist Street, berlokasi di pusat ibu kota Korut, Pyongyang dan menuju langsung Stasiun Pyongyang serta berdekatan dengan Sungai Taedong kini mendekati penyelesaian akhir pembangunan.

Kawasan ini diperkenalkan pada September 2014 melalui Korean Central TV (KCTV). KCTV mengabarkan bahwa Mirae Scientist Street dirancang sebagai apartemen berkapasitas 500 unit, sebuah pusat penitipan, taman kanak-kanak, dan bangunan lainnya yang ditujukan kesejahteraan penghuni.

November silam, koran lokal Rodong Sinmun mewartakan bahwa konstruksi untuk seluruh kawasan akan memakan waktu kurang dari setahun.

Hal itu sekaligus sebagai konfirmasi atas berita sebelumnya dari NK News bahwa para pekerja konstruksi Korut mampu menyelesaikan eksterior residensial dalam 307 hari atau kurang dari setahun.

Satu hal yang menarik dalam laporan Rodong Sinmun adalah penggunaan istilah ‘Pyongyang Speed’ yang berarti pekerja konstruksi Korut bisa membangun dalam waktu yang sangat cepat.

Istilah ‘Pyongyang Speed’ pertama kali digunakan pada 1958 dalam rangka merayakan kecepatan rekonstruksi ibu kota setelah hancur akibat Perang Korea.

Atas istilah tersebut, Korean Central News Agency (KCNA) versi bahasa Inggris menyatakan bahwa pembangunan Mirae Scientis Street telah selesai, namun versi Korea-nya menyatakan hampir selesai.

Menurut Perdana Menteri Korut, Park Pong Ju, Mirae Scientist Street dianggap sebagai struktur paling membanggakan yang pernah dibangun pada era kepemimpinan Kim Jong Un.

“Kepercayaan dan harapan kepada para pendidik dan ilmuwan sangatlah besar saat ini bersamaan dengan pembangunan bangsa sosialis yang terus berkembang dan membuat kemajuan pesat pada tahap baru yang lebih tinggi,” tambahnya dalam pidato peresmian Mirae Scientist Street, awal November lalu.

Menurut KCNA, salah satu bangunan di Mirae Scientist Street memiliki tinggi 53 lantai dan dirancang melalui eksterior arsitek yang dipandu langsung oleh perintah Kim Jong Un.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me