Kota Pusaka, Yogyakarta Miliki 5 Kawasan Cagar Budaya – Property

Big Banner

YOGYAKARTA – Guna menjaga kelestarian bangunan bernilai budaya, Pemerintah Kota Yogyakarta menetapkan lima kawasan sebagai kawasan cagar budaya dan menguatkan posisi Kota Yogyakarta sebagai salah satu Kota Pusaka.

Lima kawasan cagar budaya yang ditetapkan adalah Kotabaru, Kotagede, Pakualaman, Malioboro dan Kraton karena kawasan tersebut memiliki keunikan dalam berbagai sisi, salah satunya gaya bangunan di kawasan tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan, bangunan cagar budaya tidak diperbolehkan dibongkar dan diubah menjadi bangunan berarsitektur lain, namun bangunan tersebut dapat dialihfungsikan sehingga memiliki nilai tambah.

“Oleh karena itu, masyarakat yang berkeinginan membangun atau merenovasi bangunan yang kebetulan berada di kawasan cagar budaya, maka bangunan baru diarahkan agar menyesuaikan arsitektur di kawasan itu,” katanya.

Sebelumnya, Badan Perencaaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta menginventarisasi ulang sekitar 600 bangunan bernilai budaya yang terdiri dari bangunan cagar budaya dan warisan budaya yang ada di kota tersebut.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me