600 Bangunan Bersejarah di Yogyakarta Diinventarisasi Ulang – Property

Big Banner

YOGYAKARTA– Badan Perencaaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta menginventarisasi ulang sekitar 600 bangunan bernilai budaya yang terdiri dari bangunan cagar budaya dan warisan budaya yang ada di kota tersebut.

“Kami sengaja memakai istilah bangunan yang memiliki nilai budaya karena bangunan yang akan diinventarisasi adalah bangunan cagar budaya dan warisan budaya. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum bisa membedakan kedua jenis status bangunan itu,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Edy Muhammad di Yogyakarta, Sabtu.

Bangunan cagar budaya adalah bangunan bernilai budaya yang ditetapkan oleh Gubernur DIY maupun oleh pemerintah pusat, sedangkan bangunan warisan budaya adalah bangunan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Menurut dia, proses inventarisasi ulang bangunan bernilai budaya tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan pemerintah daerah untuk mendaftarkan bangunan tersebut sehingga berstatus sebagai bangunan cagar budaya.

“Dimungkinkan, ada bangunan warisan budaya yang bisa berubah status menjadi bangunan cagar budaya setelah diinventarisasi dan diajukan ke pemerintah pusat, tentunya melalui tahapan-tahapan yang sudah diatur undang-undang,” katanya.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me