Hangat di Ruang Keluarga, Ceria di Kamar Anak

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pewarnaan ruang bisa memengaruhi suasana hati penghuni. Ruang berwarna gelap seperti abu-abu misalnya, akan mencuatkan suasana yang suram atau kurang bersemangat. Sebaliknya ruangan berwarna cerah seperti oranye akan memunculkan suasana yang ceria. “Warna dapat membangun mood seseorang, apalagi bila diterapkan pada ruangan,” kata psikolog Ratih Ibrahim (Personal Growth Jakarta).

Hal senada diungkapkan Dina Hartadi, desainer interior yang juga Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jakarta. “Warna ruangan memiliki efek psikologis pada orang di dalam ruang karena menciptakan suasana tertentu. Misalnya, kalau ingin suasana ruang yang damai, pilih warna hijau atau biru laut. Tapi, kalau ingin lebih bersemangat saat masuk rumah, gunakan warna oranye atau merah,” jelasnya.

Karena mempengaruhi mood itu, pemilihan warna sebaiknya mempertimbangkan fungsi ruang. Artinya pada setiap ruang aplikasi warna yang digunakan jangan disamakan. Di ruang keluarga sebagai tempat berkumpul penghuni, dapat diterapkan warna- warna netral seperti krem atau putih. Sebagai aksen bisa ditambahkan warna yang bersifat menenangkan dan rileks seperti biru dan hijau pada salah satu bagian dinding. Padukan aplikasi warna itu dengan perabot dan aksesoris yang selaras.

Sementara di kamar tidur anak yang berfungsi sebagai tempat istirahat, bermain, dan belajar, diperlukan stimulus warna yang berbeda untuk mempengaruhi tumbuh kembang anak. “Misalnya, kamar jangan dicat putih saja atau satu warna, karena mereka sedang merekam semua warna yang dilihatnya. Sebaiknya diberikan aksen warna lain sebagai stimulus perkembangannya,” jelas Ratih. Berikut beberapa contoh aplikasi warna pada ruang keluarga dan kamar anak yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda.

Pilihan warna kuning di ruang keluarga bisa membangkitkan suasana segar dan cerah. (Lokasi: BSD City)Pilihan warna kuning di ruang keluarga bisa membangkitkan suasana segar dan cerah. (Lokasi: BSD City)
Warna hijau juga dapat menjadi pilihan untuk membuat ruang keluarga bernuansa teduh dan rileks. (Lokasi: Bintaro JayaWarna hijau juga dapat menjadi pilihan untuk membuat ruang keluarga bernuansa teduh dan rileks. (Lokasi: Bintaro Jaya
inspirasi kamar tidurKamar anak perempuan dapat dicat dengan nuansa warna merah yang memancarkan semangat. Tapi, tak perlu melapisi seluruh dinding dengan warna merah. Sisakan sebagian dengan warna putih supaya pandangan anak tidak terganggu. Padukan dengan gorden dan sprei bercorak bunga warna merah. (Lokasi: Royal Serpong Village)
inspirasi kamar tidurAksen warna ungu bisa diaplikasikan untuk mencerahkan kamar anak yang didominasi warna putih. Terapkan hanya di dinding belakang ranjang. (Lokasi: Kota Baru Parahyangan)
interior-Serpong-City-ParadiseSebagian dinding dicat dengan warna oranye, sebagian dengan warna putih. Untuk menambah keceriaan, padukan dengan aksesoris dan tirai berwarna hijau atau yang sepadan. (Lokasi: Serpong City Paradise)

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer)
atau
Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com