Apartemen Rp300 Juta Bebas PPN

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah mengeluarkan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk membantu kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mengakses perumahan dengan memberi bunga KPR hanya 5 persen sampai lunas. Selain rumah sederhana tapak subsidi bunga dan pembebasan PPN juga berlaku pada rumah susun milik (rusunami). Patokan harga rusunami yang mendapat subsidi juga dinaikkan dari Rp144 juta menjadi maksimal Rp300 juta.

Ilustrasi : Salah satu rusunami di Jakarta

Ilustrasi : Salah satu rusunami di Jakarta

“Kami terus menjalin komunikasi yang intensif dengan pihak Kementerian Keuangan. Pada prinsipnya, mereka bisa memahami kalau perkembangan harga saat ini sudah tidak memungkinkan lagi untuk apartemen dibangun seharga Rp144 juta, makanya mereka menyetujui patokan yang kami berikan yaitu sebesar Rp300 juta untuk dibebaskan PPN-nya,” ujar Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, kepada housing-estate.com, pekan ini.

Maurin menyebutkan, sesuai Peraturan Menteri (Permen) Pupera No. 348 Tahun 2015, rusunami atau apartemen seharga Rp8  – 10 juta per meter persegi bisa mendapatkan fasilitas FLPP.  Selama ini pembelian rusunami sudah mendapatkan fasilitas FLPP tapi belum menadapatkan pembebasan PPN sebesar 10 persen sebagaimana perumahan. Ini karena yang mendapatkan pembebasan PPN untuk apartemen maksimal seharga Rp144 juta sesuai dengan peraturan Kementerian Keuangan. Pembebasan PPN rusunami seharga Rp300 juta ini akan membantu kalangan pekerja tinggal di perkotaan yang dekat dengan pusat aktifitasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me