The Moganshan,Bangunan ‘Gunung’ yang Megahkan Shanghai

Big Banner

Shanghai – Heatherwick Studio meluncurkan desain mereka untuk proyek 15 hektare di Shanghai, Tiongkok. Bangunan di atas lahan tersebut terlihat seperti sebuah gunung Lego tertutup pohon.

Studio ditugaskan untuk merancang kompleks perumahan, kantor, toko, hotel dan sekolah,di sebelah distrik seni utama Shanghai, M50. Bernama ‘The Moganshan, proyek ini mengedepankan topografi perkotaan, bukan sekadar bangunan mati.

Proyek ini terbagi menjadi dua plot, yang dipisahkan oleh sepotong tanah sempit milik pemerintah. Tanah tersebut juga menghubungkan bagian yang berdekatan dengan sungai. Beberapa bangunan bersejarah akan dimasukkan dalam proyek dan diapit oleh menara bertingkat tinggi di tiga sisi.

“Diciptakan bukan sebagai bangunan tetapi sebagai bagian dari topografi. Desain berbentuk dua gunung tertutup pohon, dihuni oleh sekitar seribu kolom struktural,” kata studio. Dijelaskan pula bahwa kolom bangunan tidak bersembunyi di balik fasa. Sebaliknya, kolom justru ditonjolkan sebagai ciri dari desain, dan muncul menopang tanaman dan pohon.

Investor Daily

Pamudji Slamet/PAM

Investor Daily

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me