Pertama di Indonesia, Bogor Punya Taman Grafiti – Property

Big Banner

BOGOR – Dengan mengusung konsep Kota Hijau (green city), Pemerintah Kota Bogor merampungkan pembangunan dan revitalisasi sejumlah taman dengan konsep tematis. Pada 2015 taman baru yang dibangun seperti Taman Skateboard yang dirancang untuk mengasah kemampuan para remaja yang menyukai olahraga skateboard.

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Taman Air Mancur dengan warna-warni cahaya lampu, Taman pertiga Jalan Jalak Harupat yang dilengkapi dengan LED bertuliskan Bogor, Taman Kecana, serta Taman Ekspresi yang terletak dekat Lapangan Sempur.

Taman Ekspresi dibangun dengan konsep sebagai tempat mengekspresikan diri warga Kota Bogor dalam berkreativitas seni, budaya maupun menyampaikan aspirasinya dalam mengkritisi pembangunan kota. Pembangunan taman ini menelan biaya mencapai Rp2 miliar.

“Kalau ada elemen masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau berunjuk rasa kepada Pemkot Bogor, kami persilakan. Saya Insya Allah akan mendengarkan secara langsung,” kata Bima.

Tahun ini juga, setidaknya ada empat taman yang sedang dikebut pengerjaannya seperti Hutan Kota di Jalan A Yani yang akan menjadi koridor burung, Taman Heulang yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti joging track, air mancur, monitor dan wifi, tempat pengelolaan sampah berbasis 3R, serta kebun pembibitan yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar bagi murid-murid di Kota Bogor.

“Taman Heulang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran senilai Rp5 miliar. Pembangunan dapat selesai tepat waktu dan Januari 2016 sudah bisa diresmikan,” kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan Kota Bogor, Yadi Cahyadi.

Menariknya lagi, Bogor juga akan memiliki Taman Grafity yang terletak di Jalan Adnawijaya, Kecamatan Bogor Utara. Disinyalir, taman yang dibangun dengan anggaran Rp400 juta ini menjadi yang pertama di Indonesia dengan tema mural, menampung para pecinta seni coret atau menggambar dinding yang cukup marak di kota tersebut.

Taman lainnya yang sedang dikebut pengerjaannya di antaranya taman Jalan Sholis Iskandar yang memanfaatkan trotoar di bawah jalan layang Tol BORR, Taman Median R3, dan Taman Kencana yang memiliki luas 8.000 meter dengan biaya Rp2 miliar.

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me