Pekanbaru Targetkan Bangun 1.500 Unit Rumah Layak Huni – Property

Big Banner

PEKANBARU – Pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) bagi warga miskin termasuk veteran di wilayah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya sejak 2013 hingga 2017. Hingga saat ini total RLH sudah membangun 750 unit.

“Tiap tahun Dinas PU menganggarkan biaya pembangunan 250 unit RLH. Sehingga kini sudah terbangun 750 unit,” beber Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa (29/12/2015).

Dirinya menargetkan akan membangun 1.500 RLH selama kepemimpinannya. Tujuannya jelas untuk memperbaiki kehidupan masyarakat miskin diwilayah tersebut. Selain juga menghapus kawasan-kawasan miskin dan kumuh yang ada di beberapa Kecamatan.

“Sistem pemberiannya di seleksi perkecamatan, berdasarkan usulan Camat, tentunya sesuai kriteria yang ditetapkan,” bebernya lagi.

Adapun beberapa kriteria yang menjadi kelayakan penerima RLH, memiliki lahan sendiri, warga Pekanbaru, berasal dari keluarga kurang mampu dan sebagainya.

Sekedar diketahui, program RLH ini adalah pembangunan rumah bagi keluarga miskin di Pekanbaru yang memiliki tanah tetapi tidak memiliki rumah.

Pemerintah Kota (Pemko) telah menetapkan syarat tertentu bagi yang berhak mendapatkannya, antaranya, warga Pekanbaru, miskin, memiliki tanah dan diutamakan janda/duda.

Selanjutnya melalui Organisasi Masyarakat Swadaya (OMS), dana pembangunan RLH akan ditransfer. Pemko melalui Cipta Karya dan Camat akan mengawasi proses seleksi dan pembangunannya.

Tiap rumah akan dibangun dengan anggaran material Rp60 juta/unit. Rumah yang dibangun ini berbahan batu permanen, dengan ruang tamu, dua kamar dan kamar mandi.

Anggaran sebesar itu hanya pas untuk beli bahan saja, dan berlebih sedikit untuk upah tukang. Makanya diharapkan dari swadaya desa bergotong -royong membantu tenaga pembangunan hingga tuntas.

Untuk menjaga agar kepemilikan rumah ini nantinya tidak menjadi sengketa, maka Pemko akan membantu program pengurusan sertifikat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

(rzk)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me