Tak Semua Orang Tua Paham Kebutuhan Kamar Anak-anaknya

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebanyakan orang tua hanya menggunakan ruang tidur untuk beristirahat setelah seharian aktif berkegiatan di luar rumah. Sementara pada anak-anak, kamar tidur adalah wilayah teritorialnya yang bukan hanya untuk tidur, tapi juga arena bermain, menghabiskan waktu luang, dan banyak lagi.

“Kamar tidur adalah ruang multifungsi yang sekaligus bisa menciptakan kenyamanan anak-anak,” kata Kuntjoro Tjahjasarwono, Manager GTS PT Granitoguna Building Ceramics, usai memaparkan GranitoTM sebagai produk Homogenous Tile, Selasa (29/12/2015).

Kuntjoro mengatakan, untuk menciptakan kenyamanan itu orang tua perlu memahami kebutuhan utama buah hatinya. Segala sesuatu harus dipertimbangkan, mulai ukuran, desain, furnitur, termasuk memanfaatkan secara optimal keberadaan dinding dan lantai ruangan.

“Kami pun berusaha menampilkan ruang kamar anak yang lebih ekspresif dan dinamis. Dengan begitu, kamar anak yang nyaman dapat tercipta,” ujar Kuntjoro.

Dengan memberikan alternatif produk inspire yang bisa disesuaikan dengan konsep kamar anak dengan tema tertentu, lanjut Kuntjoro, kreativitas dan imajinasi anak akan semakin terasah. Kamar bisa dirancang untuk merefleksikan mimpi, hobi, dan kesukaannya dengan pilihan tema superhero, tokoh kartun, atau olahraga.

“Contohnya tema musical room. Motif bergambar not balok bisa menjadi alternatif untuk headboard pada dinding tempat tidur anak,” tuturnya.
 
Pertanyaannya, bagaimana mengoptimalkan ruang kamar sempit yang dimanfaatkan untuk lebih dari satu anak?

Desainer GTS, M Zachri Zelhas, mengatakan bahwa kondisi seperti itu biasa dialami oleh banyak keluarga. Dia menyarankan menggunakan tile berwarna cerah sehingga muncul kesan ruang menjadi lebih luas.

“Kalau pakai assesoris mosaic sebaiknya diaplikasikan pada salah satu dinding. Misalnya, dinding yang berpapasan dengan tempat tidur sehingga bisa dijadikan sebagai backdrop,” ujar Zachri.

“Selain itu, gunakan juga furniture built-in karena hal itu akan sesuai dengan ukuran kamar dan pemanfaatan ruang bisa lebih efisien,” tambahnya.

Zachri menyarankan agar ukuran tile disesuaikan dengan besaran ruangan. Jika ruang tidur cukup besar; baik untuk single atau double, dia menyarankan menggunakan ukuran yang lebih besar, misalnya ukuran 60×60 cm.

“Kalau ruangannya tidak begitu besar, kita bisa gunakan tile dengan ukuran 40×40 cm,” kata Zachri.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me