30 Gedung di Jakarta Bakal Terkoneksi MRT

Big Banner

Proyek MRT (Mass Rapid Transit) saat ini masih dalam tahap pengeboran. Meski demikian sejumlah rencana telah dibahas untuk bisa direalisasikan tepat susuai target. Salah satu diantaranya ialah proyek MRT rute Lebak Bulus – Bundaran HI yang bakal beroperasi 2018 mendatang.

Transportasi cepat satu ini bakal dikoneksikan dengan sejumlah gedung disepanjang lintasan. Koneksi ini tentu akan sangat memudahkan pekerja kantor dan warga umumnya untuk mendapatkan angkutan massal lebih cepat dan mudah. Dengan demikian, hal ini akan mendorong minat warga beralih ke transportasi umum, ketimbang kendaraan pribadi.

“Sudah ada 30 gedung yang menyatakan siap terkoneksi MRT. Selanjutnya akan dilakukan perjanjian business to business. Ini merupakan bagian dari kompensasi yang perlu dilakukan pemilik gedung kepada Pemprov DKI Jakarta terkait penambahan koefisien lantai bangunan,” terang Dono Boestami, Direktur Utama PT MRT, seperti diterima Rumahku.com.

Beberapa gedung tersebut diantaranya ada Blok M Plaza, Sudirman 78, Plaza Sinar Mas dan lain sebagainya. Selain memudahkan masyarakat, pengintegrasian ini juga demi mewujudkan konsep Jakarta sebagai kota TOD (Transit Oriented Development), seperti yang tertuang di Perda No. 175 Tahun 2015.

Selain itu, PT MRT juga tengah mempersiapkan tenaga kerja operasional dan non operasional. Perekrutan rencananya akan dilakukan 2016 nanti untuk dilatih terlebih dahulu. Saat proyek selesai di 2018 pekerja terlatih tersebut siap menjalankan tugasnya sesuai standar. Sebagian dari pekerja rencananya juga akan mengikuti pelatihan di Jepang.

Saat ini, pihak PT MRT sedang menunggu terbitnya Pergub (Peraturan Gubernur) terkait TOD, serta mengurus regulasi di pihak terkait untuk persiapan matang, termasuk sertifikasi bagi pekerja terlatih.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me