Ini Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Indonesia

Big Banner

Didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang berlokasi di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Minggu, 27 Desember 2015.

Selain Ibu Negara, presiden juga didampingi oleh para menteri. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyampaikan, PLTS ini merupakan yang terbesar yang ada di Indonesia. PLTS ini dibangun bertujuan untuk mengatasi masalah listrik yang terjadi di Kota Kupang dan sekitarnya.

BACA JUGA : WASPADA RISIKO INVESTASI PROPERTI

Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas 5 MWp dan dibangun oleh PT LEN Industri (Persero). Meski masih bertenaga 5 MWp, pasokan listrik yang dihasilkan dari PLTS ini merupakan tambahan yang cukup signifikan mengingat kondisi listrik di Kupang sudah memasuki situasi kritis karena reserve margin-nya sangat minimal.

PLN dan Pemerintah Daerah Kupang berencana untuk terus mengembangkan PLTS dengan luas 7 hektare ini. Dengan total investasi mencapai USD 11,2 juta atau setara dengan Rp 152.831 miliar diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah bagi pembangunan energi baru yang terbarukan yang menjadi salah satu komitmen pemerintah.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me