Jakarta Termasuk Kota Terbaik untuk Ekspat di 2015

Big Banner

Kendati masih memiliki beberapa masalah yang perlu diperbaiki, tapi menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mercer, firma konsultasi sumber daya manusia dan jasa keuangan yang berpusat di New York, Jakarta dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik untuk ekspatriat di tahun 2015. 

Mencangkup 440 kota di seluruh dunia, riset tersebut menjelaskan bahwa ternyata Ibu Kota negara Indonesia itu memasuki peringkat 140 dunia dan peringkat 3 untuk kategori kota besar di segmen menengah.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam riset tersebut adalah kualitas hidup, lingkungan sosial-politik, pendidikan, perumahan, pertimbangan kesehatan, transportasi, serta barang konsumsi.

Hanya saja, masalah utama seperti polusi udara, akses air bersih, kebersihan lingkungan yang buruk, dan kemacetan lalu lintas perlu diperhatikan oleh kota besar di segmen menengah. Tak hanya Jakarta, tapi juga Beijing (118), Manila (136), Pune (145), Mumbai (152), serta New Delhi (154).

“Budaya, lingkungan masyarakat, iklim yang relatif berbeda, ketidakstabilan politik, tingkat kejahatan yang tinggi, dan infrastruktur yang buruk akan mempersulit ekspat untuk melakukan navigasi dan menetap,” ucap Slagin Parakatil, Principal di Mercer, seperti informasi yang diterima Rumahku.com.

Di sisi lain, Singapura menduduki posisi 26 sebagai kota terbaik untuk ekspat, melampaui kota-kota besar unggulan seperti Tokyo (44), Hong Kong (70), dan Bangkok (117).

Sementara itu, peringkat 10 besar dunia didominasi oleh kota-kota di kawasan Eropa, yaitu Zurich (Swiss), Auckland (Selandia Baru), Munich (Jerman), vancouver (Kanada), Dusseldorf (Jerman), Frankfurt (Jerman), Jenewa (Swiss), Copenhagen (Denmark), dan Sydney (Australia).

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me