SMF Raih Rp600 Miliar Dari Penerbitan Surat Utang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF/Persero) menerbitkan surat utang melalui penawaran umum berkelanjutan (PUB) tahap III dengan jumlah minat yang masuk mencapai lebih dari Rp1 triliun. Dari jumlah ini yang diambil oleh SMF  hanya Rp600 miliar pada penerbitan PUB III pada akhir tahun 2015.

Gedung SMF

Menurut Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto, dana segar yang diperoleh ini untuk jangka waktu satu tahun dengan kupon senilai 9,25 persen. Dana ini akan digunakan untuk menggantikan sebagian dana ekuitas yang telah disalurkan SMF kepada bank penyalur KPR.

“Kami sukses menerbitkan PUB tahap III ini dan sebelumnya pada November 2015 juga menerbitkan obligasi PUB tahap II dengan meraup dana Rp472 miliar. Dana ini untuk menjamin penyediaan likuiditas jangka panjang untuk program sekuritisasi dan penyaluran produk KPR,” ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (29/12).

Sepanjang tahun 2015 SMF menerbitkan obligasi hingga Rp1,57 triliun. Untuk akumulasinya hingga November 2015 obligasi yang telah diterbitkan oleh SMF mencapai Rp5,6 triliun. Untuk penyaluran pinjaman mencapai Rp14,2 triliun dari target tahun 2015 sebesar Rp14,6 triliun.

“Sumber dana untuk penyaluran pinjaman ini diperoleh terutama dari penerbitan surat utang (obligasi) untuk disalurkan kembali ke pembiayaan perumahan melalui KPR perbankan. Ini untuk menjamin pembiayaan program sejuta rumah pemerintah sehingga kita memiliki alternatif pembiayaan dari pasar modal dengan tenor yang lebih jangka panjang,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me