Bendungan Besar Dibangun di NTT

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini merupakan bendungan ketiga terbesar di NTT setelah Bendungan Tilong dan Raknamo.

bendungan raknamo

Menurut Jokowi, proyek bendungan sangat penting untuk menjamin pasokan air selain fungsi-funngsi lainnya yang juga vital. “Proyek ini untuk mewujudkan kedaulatan pangan, untuk itu kuncinya adalah harus ada air. Semuanya bisa kalau sudah ada air, mau bercocok tanam, untuk pembangkit listrik, dan sebagainnya,” kata Jokowi di sela-sela peresmian Bendungan Rotiklot di NTT, Senin (28/12).

Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Mudjiadi yang ikut mendampingi Jokowi menjelaskan, Bendungan Rotiklot dibangun dengan anggaran Rp450 miliar dari APBN. Bendungan ini dapat mengairi sawah seluas 139 ha, 500 ha palawija, mengurangi debit banjir hingga 500 m3/detik, sumber air baku hingga 40 liter/detik, dan suplai listrik 0,15 megawatt (MW).

“Bendungan ini dibangun di atas lahan 86 ha yang memiliki tinggi tanggul hingga 42 meter  untuk menampung 2,67 juta m3 air. Selain fungsi teknis bendungan ini sebagai pengendali banjir, pengairan, suplai listrik, dan sebagainya, kawasannya juga sangat potensial untuk dijadikan obyek pariwisata,” imbuhnya.

Lokasi bendungan di perbatasan NTT dengan Timor Leste dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan pertanian lahan kering. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah yang mengusung ketahanan pangan dan kawasan ini bisa dijadikan salah satu lumbung pangan nasional.

Pemprov NTT  sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membangun sebanyak tujuh bendungan di wilayahnya. Dari tujuh itu yang sudah terealisasi Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, dan Bendungan Tilong. Kawasan lain yang menjadi lokasi pembangunan bendungan adalah Kolhua, Ternef, Napunggete, dan Manikin.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me