Apartemen di Hong Kong ini Termahal se-Asia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sebuah apartemen mewah tipe duplex di Hong Kong tercatat laris senilai lebih dari 1,1 juta dolar Hong Kong per m2 atau setara Rp1,92 miliar per m2. Dan ini menjadi harga apartemen termahal di Asia.

Apartemen 39 conduit road, hong kong-2

Unit tersebut berukuran 532,5 m2, berisi empat kamar, di apartemen 39 Conduit Road, yang dikembangkan Henderson Land Development. Apartemen setinggi 46 lantai ini berlokasi di daerah elit Mid-Levels dan memiliki taman di rooftop selapang 163 m2.

Menurut data pemerintah setempat, apartemen ini terjual dengan harga 594,76 juta dolar Hong Kong. Penjualannya menggunakan metode Sales of First- Hand Residential Properties Electronic Platform, sebuah sistem yang bisa mengidentifikasi penjualan unit-unit apartemen baru.  Rekor transaksi tersebut berarti melebihi harga jual apartemen Swire Pacific Opus, yaitu senilai 487 juta dolar Hong Kong atau 1,03 juta dolar Hong Kong per m2, yang juga pernah tercatat sebagai apartemen termahal pada tengah tahun 2015. Apartemen ini berlokasi di 53 Stubbs Road, berupa unit dua lantai dan memiliki dua ruang parkir pribadi.

Penjualan apartemen di Mid-Levels itu cukup mengagetkan pasar. Pasalnya transaksi tersebut terjadi tidak lama setelah pasar residensial di Hong Kong kian melemah, setelah the Fed mengumumkan kenaikan suku bunganya sebanyak 25 basis point.

Lesunya pasar residensial di Hong Kong membuat banyak pemilik rumah panik, sehingga membuat pasar sekunder mengalami gangguan. Harga jual terkoreksi hingga lebih dari satu juta dolar Hong Kong. Sementara itu tawaran pengembang atas proyek baru juga tidak semua diserap pasar, akibatnya penjualan juga menurun. Contohnya penjualan Sino Land atas proyek terbarunya the Mediterranean di Sai Kung yang saat launching perdana hanya terjual 28 persen saja dari 96 unit. Hal serupa juga terlihat dari data Ricacorp Properties yang banyak menjual rumah-rumah mewah. Pada November 2015 broker ini cuma menjual 35 unit, sementara pada bulan Oktober 2015 “masih” bisa melepas 52 unit. “Transaksi selama empat bulan berturut-turut kurang dari 100 dan ini adalah kondisi terendah selama sebelas tahun terakhir,” ungkap Eric Cheung, direktur Ricacorp.

Sumber: South China Morning Post

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me