5 Apartemen Ini Merajai Pasar 2015

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Sejumlah apartemen di kawasan Jabodetabek mencatat penjualan mengesankan. Kendati kondisi pasar properti tengah tertekan penjualan mereka layak diacungi jempol. Pada tahun 2015 sejumlah proyek apartemen menengah dapat memasarkan produknya hingga ribuan unit. Beberapa apartemen kelas atas juga membukukan penjualan bagus kendati tidak sebanyak apartemen menengah.

Apartemen-apartemen tersebut dibangun di pusat-pusat pertumbuhan baru di Bekasi dan Tangerang, serta dekat kawasan bisnis Jakarta. Konsumen antusias karena kawasannya prospektif sehingga menguntungkan untuk investasi. Menurut HousingEstate Data Center (HEDC) di Jabodetabek ada empat proyek apartemen yang berhasil menjual ribuan unit selama satu tahun. Sedangkan satu apartemen kelas atas di Jakarta Selatan terjual lebih dari 400 unit. Berikut lima apartemen yang membukukan penjualan fenomenal di tahun 2015.

Apartemen Orange County Lippo Cikarang

Apartemen Orange County Lippo Cikarang

Orange County

Sepanjang tahun 2015 proyek apartemen yang dikembangkan PT Lippo Cikarang Tbk di kawasan mixed use development Orange County (322 ha) ini mencatat prestasi fenomenal. Dalam satu tahun apartemen yang dikembangkan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dekat gerbang tol Cibatu di ruas tol Jakarta – Cikampek, terjual 2.500 unit. Hunian sebanyak itu mencakup lima tower yang dipasarkan mulai Desember 2014 hingga November 2015.

Lokasi proyek diapit tiga kota baru sekaligus kawasan industri berisi ribuan manufaktur nasional dan global: Kota Deltamas (3.000 ha), Kota Jababeka (5.400 ha), dan Lippo Cikarang (3.000 ha). Selain hunian di dalamnya akan dikembangkan beragam fasilitas, seperti perkantoran, balai sidang, sarana pendidikan dan kesehatan, pusat belanja dan lifestyle center, sampai area rekreasi dan hiburan. Target pasarnya para pekerja industri lokal dan asing (ekspatriat) yang jumlahnya sangat banyak. Jumlah ekspatriat diperkirakan sekitar 20 ribu orang plus pekerja lokal lebih dari 600 ribu orang.

Tower pertama Irvine Suites sebanyak 500 unit langsung habis saat peluncuran. Unit huniannya tipe 1-3 kamar seharga Rp550 juta – 1,8 miliar per unit (tunai). Tower kelima, Glendale Park (556 unit) tidak kalah laris. Tipe huniannya sama dengan sebelumnya 1-3 kamar dengan harga lebih tinggi Rp600 juta – 2 miliar (tunai).  “Sampai akhir November sudah terpesan 91 persen,” kata Presdir Lippo Cikarang Meow Chong Loh, seperti dikutip majalah HousingEstate, di Bekasi awal Desember 2015.

Sedangkan menara 2–4 adalah Westwood Suites (500 unit/Februari), Pasadena Suites (2 menara/1.000 unit/tahap pertama 1 menara 564 unit/Maret), dan Burbank Suites (500 unit/Oktober). Satu menara Burbank Suites dibeli PT Sanko Soflan Indonesia (Jepang). Pasadena Suites (32 lantai) yang dibandrol Rp14,6 juta/m2 dan Westwood habis dalam hitungan jam.

Konsumen sangat antusias karena melihat prospek Orange County yang diproyeksikan menjadi pusat bisnis baru bertaraf internasional di timur Jakarta. Dukungan infrastrukturnya juga bagus menyusul rencana pengembangan bandara internasional dan pelabuhan di Karawang dan Indramayu, serta pembangunan tol Jagorawi–Cibitung–Tanjung Priuk yang memintas tol Jakarta–Cikampek (dan belakangan rencana kereta cepat Jakarta–Bandung yang melalui tol Jakarta–Cikampek dan Purbaleunyi).

Laman: 1 2 3 4 5

housing-estate.com