Februari, Bandara Pondok Cabe Layani 8 Rute Komersial

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Persiapan Bandara Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, menjadi bandara komersial terus dikebut dan ditargetkan bisa beroperasi pada Februari 2016. Komersialisasi bandara ini terwujud melalui sinergi dua perusahaan BUMN, Pertamina dan Garuda Indonesia.

Bandara Pondok Cabe (image : industri.bisnis.com)

Bandara Pondok Cabe (image : industri.bisnis.com)

Dikutip dari laman Kementerian Perhubungan, Senin (4/1), sekurangnya ada delapan rute yang bisa dituju dari bandara ini dengan jenis pesawat ATR (pesawat baling-baling). Pada tahap awal rutenya menyesuaikan dengan daerah-daerah yang menjadi wilayah kerja pengoperasian kilang minyak Pertamina.

Delapan rute yang direncanakan tersebut antara lain Pangkalan Bun, Palembang, Lubuklinggau, Semarang, Yogyakarta, Ketapang, Cilacap, dan Tanjung Karang. Untuk sementara bandara ini baru mampu melayani 50 kali penerbangan (25 slot take off dan 25 slot masuk) per hari. Dengan pesawat jenis ATR kapasitasnya sekitar 3.600 penumpang per hari.

Bandara yang menjadi aset Pertamina ini luasnya 170 ha memiliki landas pacu sepanjang 2,2 km dengan lebar 45 meter.  Kapasitas parkir mencapai 20 pesawat. Saat ini tengah dilakukan perbaikan fasiltas terminal dengan seluruh biaya ditanggung Pertamina.

Pengoperasian Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan komersial diperkiran akan memicu tumbuhnya fasilitas komersial dan ruang usaha di kawasan. Pergudangan kecil dan ruko, termasuk hunian akan meningkat permintaannya.

housing-estate.com