Jendela Rumah Liburan Ini Bisa Berputar

Big Banner

KOMPAS.com – Sebuah rumah diklaim sebagai rumah liburan paling luar biasa sedunia. Rumah itu adalah Chicken Cabin Point di Idaho, Amerika Serikat.

Rumah liburan itu merupakan sebuah kabin yang berada di tepi sebuah danau (waterfront) di Utara Idaho dan dirancang oleh arsitek Tom Kundig dari firma arsitektur Olson Kundig.

Kundig mengatakan bahwa kabin ini dibuat untuk mengakomodasi keluarga muda yang ingin menggunakan kabin sepanjang tahun, terutama ketika musim panas dengan cuaca yang bisa sangat panas.

“Rancangan desainnya sangat sederhana. Membuat rumah sebisa mungkin terbuka langsung ke air,” tambahnya.

Kundig mewujudkan keinginannya itu lewat rancangan jendela besar yang mampu berputar dan terbuka ke seluruh rumah untuk menyaksikan pemandangan di luar rumah.

“Ketika berada di dalam rumah, Anda ingin merasakan bahwa bangunan ini hanyalah bingkai atau latar belakang menuju pengalaman lansekap luar biasa,” tambahnya.

Penggunaan jendela berputar berukuran 6 meter x 9 meter diakui Kundig membutuhkan desain matang dan perencanaan teknik yang matang.

Pada awalnya perangkat penyeimbang menggunakan karung pasir sederhana diusulkan, kemudian sistem mesin penghasil tenaga yang membuat jendela sebagai pintu garasi besar juga diusulkan.

“Namun, keinginan merencanakan sesuatu yang memerlukan tindakan langsung oleh pengguna terbukti sayang untuk dilewatkan,” jelas Kundig.

Sebagai solusi akhirnya, Kundig menggunakan alat mekanik tangan memutar berprinsip penyeimbang dengan serangkaian roda gigi seperti di sepeda.

Tujuannya adalah untuk membuat masukan kekuatan dan gaya seminimal mungkin bagi poros baja enam ton dan jendela kaca.

Meskipun kabin menggunakan beberapa teknik mekanikal canggih, hasilnya tak seperti pembukaan lipatan tenda yang memungkinkan udara segar dan pemandangan tanpa halangan memasuki kabin dengan sesuai.

Ada dua cara untuk bisa masuk ke dalam kabin. Pertama, ketika musim panas tiba, Anda bisa memasuki kabin dengan menggunakan kendaraan air dan kedua, ketika musim dingin datang, Anda bisa menggunakan jalan darat dan masuk melalui pintu setinggi 5,8 meter di bagian barat kabin.

Kundig melengkapi kabin ini dengan interior dari bahan-bahan alami, termasuk kayu dan pasangan blok beton. Selain itu, ada pula loteng bermaterialkan kayu lapis yang mampu mengakomodasi kamar utama.

Sementara kamar tidur tambahan dan ruangan lainnya berada di dua sisi kabin utama.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me