Pengembang Bidik Kawasan Penyangga Kota Palembang

Big Banner

Jakarta, solusiproperti.com – Developer (pengembang perumahan) membidik kawasan pinggiran Kota Palembang untuk mensiasati tingginya harga lahan yang disebabkan pertumbuhan jumlah penduduk dan pemunculan kawasan bisnis baru di beberapa lokasi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan, Herryadi Bengawan, mengatakan, beberapa tempat yang menjadi bidikan pengembang saat ini yakni kawasan Sematang Borang, Gandus, dan Talang Kelapa, karena harga lahan masih relatif murah.
 
“Membangun perumahan membutuhkan lahan hingga puluhan hektare, untuk mencari di tengah kota rasanya sudah tidak bisa lagi. Jika pun dipaksakan maka untuk segmen rumah mewah dan apartemen,” kata Herryadi di Palembang.
 
Sementara untuk segmen rumah murah yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) maka kawasan pinggiran kota dapat dijadikan solusi.
 
“Mengapa ini menjadi solusi, karena harga rumah sangat murah sehingga penggembang membutuhkan lahan juga dengan harga murah supaya dapat selisih (untung),” ujar dia.
 
Untuk mengembangkan dan membuka kawasan-kawasan baru lainnya, yang umumnya belum menjadi hunian penduduk, REI mengharapkan pemerintah segera merealisasikan janji akan mendungkung dari sisi infrastruktur.
 
“Biasanya ada perumahanannya dulu baru disediakan jalan, jaringan listrik dan jaringan air bersih. Tapi jika bisa dibalik, mengapa tidak,” kata Herryadi.
 
Pemerintah mencanangkan program satu juta rumah pada 2015 bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah yakni PNS, TNI, Polri, karyawan swasta berpenghasilan maksimal Rp4 juta.
 
Untuk memaksimalkan program ini, pemerintah telah mengandeng kalangan pengembang dan perbankan sehingga hanya menerapkan bunga 5 persen selama 20 tahun dan uang muka 1 persen dari harga rumah yang berkisar Rp110 juta.
 
Sementara itu, Sumsel mendapatkan kuota hingga 15 ribu unit rumah. Dari jumlah itu, per Juni sudah terealisasi sebanyak 3.000 unit. (SoPer-SAR)

solusiproperti.com