Jeddah Tower akan Jadi Gedung Tertinggi di Dunia

Big Banner

Saudi Arabia kini tengah membangun sebuah gedung bernama Kingdom Tower atau dikenal sebagai Jeddah Tower. Bangunan ini diperkirakan akan menjadi gedung tertinggi di dunia. Seperti dilansir dari kompas.com, gedung ini mengalahkan Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, yang berpredikat gedung tertinggi di dunia saat ini oleh Guinness World Record.

Pembangun gedung Jeddah Tower diperkirakan akan menghabiskan dana hingga 1,23 miliar dollar AS. Mengutip dari sumber yang sama, Pemerintah Arab Saudi merilis bahwa Jeddah Economy Company dan Arabia’s Alinma Investment telah menandatangani kesepakatan pembiayaan sebesar 8,4 miliar real atau sekitar 2,2 miliar dollar AS untuk pembangunan Jeddah City, termasuk Jeddah Tower.

Proses pembangunan Jeddah Tower itu sendiri hingg saat ini telah sampai pada lantai 26 dari rencana 200 lantai yang akan dibangun. Pencakar langit itu akan memiliki tinggi 1 kilometer, sedangkan Burj Khalifa sebagai pendahulunya hanya bertinggi 830 meter, dan diperkirakan akan selesai pada 2020. Jeddah Tower ini nantinya akan menghadap Laut Merah.

Seperti dilansir kompas.com dari Saudi Gazette, pembangunan Jeddah Tower ini membutuhkan sekitar 5,7 juta kaki persegi beton dan 80.000 ton baja. Beton baja ini dibutuhkan karena membangun gedung tinggi di pantai yang air asinnya berpotensi merusak bukanlah pekerjaan mudah. Fondasi Jeddah Tower akan dibuat sedalam 60 meter ke bawah, sehingga dapat menjadi penahan air asin di dekatnya.

Selain air asin, beban angin juga menjadi masalah lain dalam pembangunan Jeddah Tower. Untuk mengatasi tantangan itu, Jeddah Tower akan mampu berubah bentuk secara teratur. Seperti penjelasan Gordon Gill kepada Construction Weekly, perubahan bentuk setiap beberapa lantai akan membuat beban angin memutari bangunan. Sehingga, tidak akan seekstrem pada bangunan solid block. Gill sendiri adalah mitra di firma arsitektur Adrian Smith + Gordon Gill selaku arsitek Jeddah Tower.

Tantangan lainnya adalah mengantar beton untuk lantai yang lebih tinggi. Para insinyur yang terlibat dalam pembangunan Jeddah Tower akan menggunakan metode yang sama dengan metode yang digunakan saat membangun Burj Khalifa. Enam juta kaki kubik beton didorong melalui pompa tunggal, yang dilakukan biasanya pada malam hari ketika suhu cukup rendah, sehingga beton bisa dipompa dengan baik.

Penulis: Dyah Paramita Saraswati

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me