Tips Rumah Sejuk tanpa AC

Big Banner

Ruangan dalam rumah akan terasa nyaman ketika suhu di dalamnya tidak berhawa panas. Khususnya di ibu kota negara, Jakarta, yang rata-rata bersuhu panas sepanjang tahun.

Tak heran orang pun berbondong-bondong membeli air conditioner (AC) atau pendingin ruangan. Dengan Anda membeli AC, rekening listrik Anda sudah dipastikan akan naik dari tagihan sebelumnya.

Walaupun kini sudah banyak AC ber-watt rendah, namun untuk membeli AC mungkin belum ada dalam anggaran pengeluaran rumah tangga Anda. Tidak perlu berkecil hati, Anda bisa menyiasati perihal AC tersebut dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Menutup Tirai

Hawa panas di dalam rumah Anda berasal dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Gunakanlah tirai atau gorden untuk menutup jendela tersebut, dengan begitu temperatur ruangan bisa turun menjadi 20o. Dengan kata lain, menutup tirai bisa mencegah rumah Anda dari cuaca panas. Pilih tirai yang berbahan tipis karena aliran udara dari luar ke dalam akan menjadi lancar. Selan dapat menyerap panas dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela, tirai tersbut juga dapat mempercantik tampilan rumah Anda. Walaupun dengan menutup tirai, cahaya yang masuk akan sedikit berkurang, tetapi paling tidak Anda mendapatkan hawa yang sejuk.

  1. Membuka Pintu

Bagi Anda yang tinggal di komplek perumahan, cara ini sekaligus bisa membangun silaturahmi. Karena, membuka pintu dianggap mempersilahkan orang untuk datang ke rumah Anda. Di sisi lain, pintu luar utama yang Anda buka akan membuat udara sejuk memasuki area-area ruangan saat cuaca panas di siang hari. Buka pintu ruangan-ruangan rumah yang lain juga, sehingga udara mengalir secara alami. Sirkulasi udara pun menjadi lancar dan suhu di dalam rumah pastinya akan menjadi sejuk.

  1. Gunakan Exhaust Fan

Untuk area dapur dan kamar mandi, Anda bisa memasang exhaust fan. Benda ini berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar dan pada saat bersamaan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan. Selain itu exhaust fan juga dapat mengatur volume udara yang akan disirkulasikan pada ruangan. Supaya udara tetap sejuk, setiap ruangan butuh sirkulasi udara yang berbeda-beda.

  1. Biarkan Udara Malam Masuk

Selama musim kemarau, suhu bisa turun pada malam hari. Jika ini terjadi di tempat tinggal Anda, gunakan waktu ini dengan membuka jendela sebelum Anda tidur. Namun, pastikan menutup jendela dan tirai sebelum terlalu panas di pagi dan siang hari. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa sirkulasi udara adalah faktor penting agar cuaca tetap sejuk tanpa menggunakan AC.

  1. Menanam Pohon di Halaman

Menanam pohon juga menjadi salah satu alternatif membuat rumah Anda terasa sejuk. Menanam pohon di halaman atau tanaman merambat di depan jendela yang menghadap cahaya akan melindungi rumah dari sinar matahari. Cara ini efektif mengurangi suhu panas di dalam rumah Anda. Sudah tentu rawat juga tanaman tersebut dengan baik, selain menciptakan hawa yang sejuk, tanaman tersebut bisa mempercantik rumah Anda.

  1. Cerahkan Kamar Anda

Mencerahkan kamar bisa diartikan sebagai berikut; pilih warna cerah untuk kamar di antara biru muda, putih, hijau muda, ungu. Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya.

  1. Kurangi Jumlah Barang dalam Ruangan

Jika memungkinkan, taruh benda atau peralatan yang tidak terpakai di gudang. Selain menambah sejuk udara, kesehatan Anda pun semakin terjaga, karena debu yang semakin berkurang dan tidak mencemari kamar Anda. Lebih baik lagi jika tidak ada barang elektronik di dalam ruangan tidur, karena semua peralatan elektronik memancarkan energi panas.

  1. Matikan Lampu Ruangan

Untuk siang hari memang sangat dianjurkan mematikan lampu, karena bisa mengurangi konsumsi listrik dan mempersejuk ruangan. Jika akan dilakukan malam hari, lakukan saja pada saat akan tidur. Walaupun bukan berarti tidak semua ruangan Anda harus menjadi gelap. Sisakan satu atau tiga ruangan yang memang tidak boleh gelap pada saat malam. Selain demi faktor keamanan dan keselamatan, juga untuk menghemat konsumsi listrik dan kesejukkan ruangan. Supaya bisa tidur nyenyak juga menjadi alasan mengapa Anda mematikan lampu pada malam hari.

Sumber: Aturduit.com

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me